Wisatawan di KRC Belum Capai Puncaknya

BERJUBEL: Kebun Raya Cibodas masih dipadati pengunjung pada libur Lebaran. Diprediksi, jumlahnya akan mencapai puncaknya di akhir pekan ini.

RADARCIANJUR.com – Jelang memasuki berakhirnya masa libur sekolah yang tinggal beberapa hari lagi, sejumlah obyek wisata di Cipanas, masih diminati wiasatawan dari berbagai daerah.

Salah satunya seperti yang terlihat di Kebun Raya Cibodas (KRC) yang masih dijejali pengunjung, Kamis (13/6). Pengunjung pun datang bukan saja dari Cianjur, melainkan dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Staf Hubungan Masyarakat Kebun Raya Cibodas, Sholeh mengatakan, kunjungan wisatawan pada sepekan lebih pasca libur Lebaran sudah mencapai 10 ribu. Menurut Soleh, jumlah tersebut bisa saja bertambah lagi sampai dengan akhir pekan lusa sebelum mulai masuk sekolah.

“Ini belum puncak kunjungan. Biasanya pada hari libur bisa mencapai di atas 10 ribu per harinya,” kata Soleh kepada Radar Cianjur.

Stabilnya kunjungan hingga kini, menurut Soleh, diduga lantaran para wisatawan masih ada sebagian yang belum memulai aktivitas kerjanya. Selain itu, libur sekolah pun masih ada beberapa hari kedepan, sehingga kunjungan masih bisa bertambah menjelang akhir pekan ini.

“Kemungkinan puncak kunjungan di akhir pekan nanti,” imbuhnya.

Selain kunjungan wisatawan dari daerah, Sholeh mengatakan, angka kunjungan wisatawan asing terutama dari Timur Tengah, belum terlihat peningkatan meskipun setiap hari setelah lebaran puluhan orang terlihat masuk ke KRC.

“Peningkatan turis asing diperkirakan akan terjadi pertengahan tahun nanti hingga akhir tahun. Biasanya seperti itu,” kata Sholeh.

Sebagian besar wisatawan dari luar kota, ia mengatakan, Kebun Raya Cibodas ini masih menjadi tempat wisata yang diminati bagi warga Jabodetabek. Meskipun, untuk sampai ke kawasan tersebut membutuhkan waktu cukup lama karena Setiap libur jalur menuju Puncak-Cipanas, selalu terjadi antrean panjang kendaraan.

“Terbukti meskipun macet panjang dan lama untuk sampai, angka kunjungan ke Cibodas itu Alhamdulillah tetap ramai,” ujarnya.

Bahkan, tidak sedikit juga KRC ini selalu dibuat acara-acara semisal halalbihalal atau acara lainnya. Kendati demikian, pihaknya pun akan tetap mengantisipasi adanya lonjakan yang mungkin akan terjadi nanti.

“Mungkin kalau untuk pelayanan kepada para pengunjung, kami akan tetap layani semaksimal mungkin,” tukasnya.

Sementara itu, Deri (37) salah seorang pengunjung yang berasal dari Jakarta mengatakan, dirinya dan keluarga besarnya sengaja memilih berlibur ke Kebun Raya Cibodas ini karena selain suasananya yang sejuk, nyaman, juga sekaligus menggelar halalbihalal dengan keluarga yang ada di Cianjur.

“Kami memilih ke Cibodas ini karena ada saudara juga yang di Cianjur. Jadi sekalian aja mas silaturahim halalbihalalnya disini,” kata Deri.

(dan)