Tanam Seribu Pohon di Agropolitan Cipanas

RADARCIANJUR.com – Guna menjaga serta merawat kelestarian lingkungan di wilayah Agropolitan Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas, kelompok tani hutan bersama pemerintah desa melakukan penanaman sebanyak seribu pohon di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, Minggu (16/6) kemarin.

Ketua Kelompok Tani Hutan Z-Tafak, Jana Rojana menuturkan, tujuan dilakukannya penanaman pohon di wilayah ini adalah untuk melebatkan kawasan lahan pertanian di wilayah Agropolitan, serta kawasan TNGGP. Hal ini diharapkan bisa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi kelangsungan ekosistem yang ada di hutan.

“Artinya, kita bisa sama-sama merawat terus dan melestarikan lingkungan. Kami juga akan konsisten merawat pohon tersebut selama satu tahun setelah penanaman,” kata Jana.

Dari kegiatan tersebut, kelompok tani hutan beserta Pemdes Sindangjaya pun tidak hanya melibatkan satu komunitas saja, tetapi hadir beberapa komunitas lain yang ada di Cianjur. Seperti komunitas Aprak, Sonari, Riung, Tagana, serta dari pihak TNGGP.

“Kurang lebih ada sebanyak 30 komunitas yang ikut serta dalam penanaman kali ini. Dan kedepannya bukan hanya di tanam, terus dilepas. Tetapi ditanam, dirawat, atau diadopsi secara berkala,” terangnya.

Pohon yang ditanam pun, dikatakan Jana, bukan pohon sembarang, tetapi pohon yang biasa tumbuh di kawasan TNGGP. Contohnya seperti, asamala, sirsak, dan jenis lainnya. “Artinya tidak sembarangan juga menanam pohon di wilayah ini, agar tidak ada penyebaran hama, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sindangjaya, Eddy Efendi mengatakan, Pemerintah desa akan terus berupaya membantu mensupport kegiatan dari kelompok tani di daerahnya. Bahkan siapapun yang memang akan melibatkan diri dalam pelestarian lingkungan disini, pihak pemerintah desa akan siap mendukung.

“Kami dari pihak desa akan terus mendukung dan support kegiatan positif untuk membangun desa lebih baik. Bahkan sudah diberikan Surat Keputusan (SK) desa juga terkait kelompok tani yang ada di wilayah kami ini,” kata Eddy.

Ia berharap, dengan adanya semacam kegiatan positif ini kedepan, bisa terus menjadi salah satu peningkatan pendapatan bagi Pemdes, kabupaten, bahkan hingga ke tingkat provinsi.

“Mudah-mudahan saja potensi yang ada di wilayah kami ini bisa terus berkembang, sehingga

Ada beberapa potensi destinasi wisata yang ada di wilayah Desa Sindangjaya ini, seperti sumber air panas, Curug Ciputri, agropolitan yang sangat indah ini bisa terus dikembangkan. Menurutnya, beberapa potensi ini juga telah disampaikan ke

“Kami berharap dengan adanya potensi ini, baik pemerintah kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional, bisa lebih diperhatikan lagi. Karena potensi yang ada di Sindangjaya ini tidak kalah indahnya dengan agropolitan atau wisata yang ada di wilayah lain,” tuturnya.

Senada yang disampaikan Kepala Dinas Bina Marga Provinsi dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Koswara menambahkan, bahwa sebetulnya pihak Binamarga itu tidak terlalu berkaitan dalam hal potensi wisata, akan tetapi, semacam kegiatan ini pun akan disampaikan kembali ke Dinas terkait yang ada di provinsi nanti.

“Kami akan menyampaikan kembali nanti di provinsi. Jadi mudah-mudahan saja potensi yang ada di Sindangjaya Cianjur ini bisa lebih diperhatikan. Sehingga menjadi salah satu potensi wisata yang maju,” kata Koswara Usai mengikuti kegiatan penanaman pohon di Sindangjaya.

(dan)