Eceng Gondok Ancam Ikan Jangari

Eceng gondok mengambang di perairan waduk jangari. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pertumbuhan tanaman eceng gondok di Waduk Jangari, Kecamatan Mande, dianggap mengganggu keberlangsungan ekosistem perairan. Salah satunya ikan yang selama ini menjadi salah satu komoditi andalan di lokasi tersebut.

Ketua Perhimpunan Petani Ikan Seluruh Indonesia (PPISI) H Hamdan mengatakan, jika tidak segera dilakukan langkah-langkah menyeluruh terhadap perkembangbiakan enceng gondok yang ada di perairan waduk Jagari, bukan tidak mungkian akan sangat mengancam populasi ikan.

“Jika oksigen dari udara yang masuk ke perairan berkurang karena tertutup tanaman eceng gondok, maka bisa dipastikan biota yang ada dipermukaan air akan berkurang,” ujarnya.

Sebagai upaya mengurangi pesatnya pertumbuhan econg gondok di Waduk Jagari, dilakukan pertemuan dengan seluruh petani ikan untuk menghimpun solusi dan ide yang dikeluarkan oleh semua petani ikan.

“Kami dengan rekan dan petani ikan membahas keberadaan eceng gondok dan bagaimana solusinya,” ujarnya

Ia mengatakan, sempat ada gerakan dari semua petani untuk membersihkan eceng gondok namun hanya berjalan tiga bulan. “Lalu muncul lagi program Citarum Harum. Saat ini kami sejalan dan menuruti imbauan BBWC,” katanya.

Menurutnya, pertemuan juga membahas solusi cara menanam ikan yang lebih bagus, bagaimana caranya agar kotoran dan eceng gondok supaya bersih. “Kami akan adakan pertemuan lagi karena tahap selanjutnya ada penyusunan rencana termasuk pendanaan yang akan dilakukan secara mandiri,” katanya.

Satu solusi yang mengemuka dari para petani adalah akan meluncurkan mesin pembersih eceng gondok di air. Hal itu dilakukan karena pembersihan secara manual cukup memakan waktu dan tak efektif.

“Dalam sehari eceng gondok bisa mencapai 10 ton, kami juga mencari solusi tempat pembuangannya,” katanya.

Seorang petani ikan Jangari, Endang Hidayatullah (43), mengatakan keberadaan eceng gondok memang sudah mengganggu pergerakan perahu. “Kami ingin ada solusi juga, pergerakan perahu juga sudah terganggu,” katanya.

Ia berharap wakil rakyat yang terpilih saat ini bisa terjun ke lapangan dan melihat situasi petani ikan di Jangari terkini.

“Kepada perwakilan kami di dewan yang terpilih, tolong lihat kami di lapangan dan tolong juga bantu program kami,” harapnya.

(dil)