Pemekaran Cianjur Sudah Layak, Tapi…

SETUJU: Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Cianjur yang mengagendakan pandangan akhir fraksi, menyetujui pemekaran daerah otonom baru (DOB) Cianjur Selatan. Selanjutnya, akan dipersiapkan proses pemekaran antara DPRD dengan Pemkab Cianjur sebagai kabupaten induk.

RADARCIANJUR.com – Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Dedi Mulyadi mengatakan, Kabupaten Cianjur dinilainya sudah cukup layak untuk dilakukan pemekaran wilayah. Hal itu merunut pada luas wilayah yang dimiliki Kota Tauco ini.

Akan tetapi, ia mewanti-wanti bahwa proses pemisahan menjadi titik paling krusial dari pemekaran DOB. Jika tidak dikelola dengan baik, maka akan memberikan dampak yang negatif.

“Sudah layak (pemekaran, red) untuk Cianjur, tapi harus dipikirkan untuk kedepannya. Apakah akan memajukan atau malah menjadi terpuruk. Jadi baik kabupaten induk maupun kabupaten yang dimekarkan harus sama-sama mempersiapkan diri,” ujarnya.

Kelayakan lainnya didukung dengan pelayanan publik yang selama ini terlalu jauh untuk birokrasinya dan jangkauannya sedikit mempersulit. Selain itu, dengan seiring berjalannya waktu, saat ini dibutuhkan pula political will dari semua pihak.

“Saat ini pelayanan publik kepada masyrakat birokrasinya terlalu jauh dan mempersulit dijangkau masyarakat,” jelasnya.

(kim/tim)