Puluhan Warga Desa Jayagiri Keracunan, Dua Tewas Enam Kritis

Warga Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang dihebohkan dengan peristiwa keracunan usai memakan pindang ikan emas, Rabu (19/6) lalu sekitar pukul 08.00 WIB. Foto : Jay/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Warga Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang dihebohkan dengan peristiwa keracunan usai memakan pindang ikan emas, Rabu (19/6) lalu sekitar pukul 08.00 WIB.

Keracunan tersebut terjadi saat pelaksanakan Pembagian Raport / Samen di SDN Ciseureuh beralamat dikampung Cisereuh Rt. 02/02, Desa Jayagiri.

Diketahui sebanyak 38 warga diduga keracunan dan 2 diantaranya meninggal dunia sedangkan enam warga kritis.

Kapolsek Sindangbarang, AKP Nandang mengatakan pada jam 21.00 Wib beberapa warga sekitar setelah memakan ikan pindang tersebut mengalami mual dan muntah muntah serta buang air besar / mencret, tetapi warga tidak merasa keracunan menggangap kejadian yang dialaminya itu hal biasa akibat perubahan cuaca / pancaroba.

“Namun pada hari jumat tgl 21 juni 2019, warga mulai ramai membicarakan sakit perut dan mencret dan sebagian berobat ke puskesmas sebanyak 20 orang dan pihak puskesmas mengecek ke lokasi untuk memastikan kejadian tersebut, hasil yang di dapat yaitu akibat keracunan sebanyak 38 orang keseluruhannya,” Terangnya, Sabtu (22/6).

Warga yang terkena keracunan tersebut banyak yang di rawat inap di puskesmas sindangbarang sebanyak 8 orang, sementara 2 Meninggal dunia 1 meninga di rumahnya 1 lagi meninggal di Puskesmas.

“Korban yang meninggal atas nama AHMAD SADILI BIN H. BASAROH, 56 tahun, warga Kamoung Cisireum, Rt.02/03, Desa Jayagiri dirumahnya dan hari ini Sabtu,22/06/19 menyusul 1 korban lagi meninggal dunia atas nama Rindi usia 11 tahun warga kampung Cieurih,RT 03/03,Desa jayagiri,” Tegasnya.

Masih menurut Akp Nandang, Tindakan kami pihak kepolisian sektor Sindangbarang selanjutnya.

” Menerima laporan lalau mengecek ke Tempat Kejadian Perkara ( TKP ), mendata para korban kepihak puskesmas, memeriksa saksi saksi dan mengumpulkan bukti bukti yakni sisa makanan yang diduga penyebab Keracunan masal yang menghebohkan Warga masyarakat Jayagiri, adanya peristiwa ini sudah kami laporkan ke polres Cianjur,” Pungkasnya.

(Jay)