Dua Rumah di Sukamulya Dilalap Si Jago Merah

GOSONG SEMUA: Diduga akibat terjadi korsleting, dua rumah milik warga di Desa Cibanteng, Sukaresmi hangus rata dengan tanah. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Dua rumah milik warga Kampung Sukamulya RT03/RW02 Desa Cibanteng, Kecamatan Sukaresmi dilalap si jago merah, pada Minggu (23/6) sekitar pukul 11.30 WIB. Meski tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, namun kerugian material ditaksir hingga Rp150 juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang diterima Radar Cianjur, api pertama kali diketahui oleh Nursiah (18) warga setempat. Saat itu, ia tengah menonton televisi sendirian di rumah mertuanya bernama Oji (40). Saat tengah menonton televisi, Nursiah terkejut karena plafon rumah tiba-tiba sudah terbakar api.

Kemudian Nursiah keluar rumah sambil berteriak meminta pertolongan. Warga pun berdatangan memberikan pertolongan dengan peralatan seadanya, hingga api dapat dipadamkan satu jam kemudian. “Jadi memang setelah itu salah satu tokoh masyarakat di kampung tersebut melaporkan kepada kami,” ujar Kapolsek Sukaresmi, AKP Munawir.

Setelah diketahui ada informasi kejadian tersebut, Kapolsek beserta jajarannya langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang lokasinya cukup jauh dari Makopolsek Sukaresmi. “Kalau dari kantor Polsek, memang bisa menempuh setengah jam,” kata Kapolsek.

Menurutnya, kebakaran yang terjadi di wilayah hukum Polsek Sukaresmi ini, masih belum diketahui pasti apa penyebab secara pasti. Hanya dugaan sementara, akibat adanya konsleting listrik dari salah satu rumah korban. “Kemungkinan besar karena korsleting listrik,” ujarnya.

Kapolsek juga menyampaikan bahwa beberapa korban di antaranya Abad (57) pemilik rumah semi permanen dengan ukuran 13×5 meter persegi yang terbakar bersama seluruh isinya. “Kerugian pak Abad sekitar Rp50 juta,” ucapnya.

Lanjut Kapolsek, korban kebakaran lainnya adalah Oji pemilik rumah panggung yang terbakar bersama seluruh isinya. Hanya saja menurutnya, kerugian korban ini mencapai Rp100 juta. “Jadi kerugian itu ada dua unit rumah tinggal yang ditaksir mencapai 150 juta rupiah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibanteng, Muryani mengatakan, memang benar adanya peristiwa yang menimpa beberapa warganya tersebut. Akan tetapi, ia juga sangat mengucap rasa terimakasih bahwa hari ini (kemarin, red) Kapolres Cianjur, Kapolsek Sukaresmi, serta Camat Sukaresmi telah memberikan bantuannya kepada warga Desa Cibanteng yang terkena musibah korban kebakaran.

“Alhamdulillah sekali, beberapa pihak telah rela membantu warga kami ini. Semoga apa yang diberikannya itu, Allah SWT dapat menggantinya dengan rizki yang lebih dan dapat meringankan beban para korban bencana di desa kami ini,” kata Muryani.

(dan)