Blangko e-KTP di Disdukcapil Cianjur Habis Terus

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Habisnya blangko e-KTP di kantor pelayanan Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur dikeluhkan masyarakat dan pemohon e-KTP. Tak sedikit diantara mereka yang terpaksa gigit jari setelah sebelumnya mengantre.

Seperti diungkap Ridwan (38), warga Karangtengah yang mengaku sudah lama menunggu e-KTP-nya dicetak. Padahal, dirinya sudah melakukan perekaman e-KTP sejak tahun lalu. “Sampai sekarang belum dapat. Padahal sudah menunggu lama, tapi blanko-nya habis terus,” ungkapnya.

Dirinya berharap, ada kebijakan dari Disdukcapil yang memprioritaskan pencetakan e-KTP kepada warga yang sudah lama melakukan perekaman. “Jadi enggak kena serobot yang baru melakukan perekaman,” harapnya.

Senada juga disampaikan Lina (33), warga Warungkondang yang mengaku sudah beberapa kali mendatangi Disdukcapil dan berharap bisa melakukan pencetakan e-KTP miliknya. Sayangnya, dari tiga kali kedatangannya itu, blanko e-KTP selalu habis.

“Soalnya saya kerja di Bogor. Kan tidak mungkin saya bisa tahu atau ngecek blanko ada atau tidak. Saya juga tidak bisa setiap hari datang dan menunggu,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas (Kadis) Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Muchsin Sidiq El Fatah mengatakan, kendati pihaknya saat ini kehabisan blanko e-KTP, namun pelayanan administrasi kependudukan (andminduk) masih tetap bisa dilakukan.

“Meskipun habis blangko e-KTP, tapi tetap terus melakukan pelayanan sebaik mungkin,” katanya.

Muchsin mengaku memahami keluhan masyarakat terkait habisnya blanko e-KTP. Akan tetapi, pihaknya tidak bisa berbuat banyak lantaran jatah blanko e-KTP memang dikurangi dari pusat.

“Jadi bukan kami yang mengurangi, tapi memang dari pusat. Jumlahnya itu menurun pasca Pemilu 2019. Kalau sebelum pemilu kami memang dikejar target untuk perekaman dan pencetakan e-KTP,” terangnya.

(mat/tim)