Polres Cianjur Siapkan SIM Gratis, Ini Syaratnya

RADARCIANJUR.com – Menyambut hari jadi bhayangkara ke 73 yang jatuh pada 1 Juli 2019, Kepolisian Resor (Polres) Cianjur memberikan untuk masyarakat Kabupaten Cianjur yakni pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis.

Pembuatan dan perpanjangan SIM gratis ini tentu tidak semua bisa didapatkan masyarakat, pasalnya hanya masyarakat yang memiliki tanggal lahir sama dengan Hut Bhayangkara.

Bintara Urusan (Baur) Sim Polres Cianjur, Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) Dede AS menuturkan, penyelenggaran sim gratis ini hanya tidak dibebankan biaya tapi proses pembuatannya normal seperti layaknya pembuat sim pada umumnya.

“Ini dalam rangka Hut Bhayangkara ke 73 untuk masyarakat yang kebetulan hari lahirnya tepat di hari Bhayangkara tidak dibebankan biaya,” ujarnya.

Namun tidak semua pembuatan sim yang diberikan secara gratis, hanya pembuatan sim A dan sim C saja. Untuk persyaratan sendiri sama seperti pembuatan umumnya yakni seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat kesehatan atau tanda bukti sehat, usia minimal 17 tahun dan mengikuti prosedur pembuatan sim.

“Kalau prosedurnya seperti biasa pembuatan sim pada umumnya, jadi nanti kita cek identitasnya (KTP, red) apakah betul lahir di tanggal 1 Juli dan kalau benar tidak akan dikenakan biaya pembuatan serta boleh membawa kendaraan sendiri,” paparnya.

Program ini sudah mulai berlaku dan akan berakhir pada 1 Juli 2019. Nah, bagi masyarakat yang belum memiliki sim, bisa langsung mendatangi Polres Cianjur bagian pembuatan sim.
(kim)