Selama 2019, Sudah Ada 17 Kasus Kebakaran di Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sepanjang 2019 berjalan, sedikitnya sudah 17 kejadian kebakaran yang terjadi di Kabupaten Cianjur. Penyebabnya tak berbeda jauh dengan penyebab di 2018 yaitu akibat adanya arus pendek listrik atau korsleting.

Di tahun kemarin saja, Cianjur menutup data kebakaran mencapai angka 107 peristiwa. Artinya, hingga hari ini, sedikitnya sudah ada 124 kejadian termasuk dengan delapan kejadian kebakaran yang terjadi dua hingga tiga hari lalu.

Kasi Penanggulangan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur, Arief Rachman mengatakan, sepanjang semester I tahun ini, terhitung sejak Januari hingga Juni sudah ada 17 kejadian kebakaran.

“Bila ditanya penyebabnya rata-rata arus pendek listrik,” jelas Arief.

Hal senada diungkapkan Kepala Seksi Penangulangan Kebakaran Kabupaten Cianjur, Atep Arif Rahman mengungkapkan, penyebab kebakaran di Kabupaten Cianjur biasanya dikarenakan adanya arus pendek listrik serta konsleting.

“Pada beberapa kasus, kebakaran bermula karena arus pendek listrik dan juga konsleting. Bukan hanya itu, ada juga karena kompor gas yang bocor,” ujarnya.

Lanjutnya, dari kejadian kebakaran, masyarakat sebaiknya menggunakan sambungan kabel yang dipastikan aman tidak ada kabel yang mengelupas bahkan disambung hanya dengan dikaitkan maupun tanpa adanya pengawasan dari ahlinya.

“Biasanya penggunaan sambungan kabel yang sembarangan tanpa diperhatikan hingga adanya konsleting listrik, tentu itu jangan dianggap sepele oleh masyarakat,” paparnya.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat agar berkaca kepada kejadian-kejadian kebakaran yang melanda Kabupaten Cianjur terlebih akhir-akhir ini.

(mat/kim)