Wow… Ternyata Ini Khasiat Jagung 12 Warna di Cianjur

LAIN DARI YANG LAIN: Luki tak jarang mengalami kegagalan. Berbekal keuletan, ia berhasil menghasilkan 12 varian warna jagung pelangi. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Jagung 12 warna di Kampung Lebak Saat, Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang kini menjadi perbincangan publik.

Jagung yang kerap dikenal dengan warna kuning di tangan Luki Lukmanulhakim ternyata bisa berubah menjadi 12 varian warna.

Keunikan warna dan masa panen yang lebih pendek membuat harga benih jagung pelangi ini lebih mahal.

Selusin warna itu di antaranya ungu, ungu hitam, kuning, kuning hitam, kuning putih, kuning ungu, merah, merah hitam, merah ungu, merah kuning, hitam, warna pelangi (ungu kuning putih).

12 varian warna itu ternyata merupakan hasil persilangan empat warna dasar jagung yang dimiliki Luki yaitu kuning, ungu, merah dan hitam. Persilangan yang dilakukan pria berusia 45 tahun itu sudah dilakukan sejak dua tahun lalu.

Beda warna, beda khasiat. Jagung yang memiliki warna ungu pekat dinilai mampu menurunkan kadar gula darah atau diabetes. Jadi, bagi yang hobi mengkonsumsi jagung namun memiliki diabates, tak perlu khawatir.

Segi warna dan khasiat itu justru membuat harga jagung pelangi lebih mahal. Untuk jagung biasa saja misalnya, harga untuk satu kilogramnya dibandrol Rp2.000. Namun, jagung pelangi justru menembus harga Rp10 ribu per kilogram. Sedangkan harga untuk satu butir jagung pelangi berkisar Rp500 hingga Rp1.000. “Memang jadi istimewa juga, ketika suatu barang berbeda dengan barang lain atau dikatakan unik. Harganya jadi mahal,” ujar Luki.

(dan)