Giliran Kebun Bambu di Sindangjaya Dilalap Si Jago Merah

SEMENTARA: Warga tengah berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com –Kebakaran terjadi di areal kebun bambu seluas satu hektar di kawasan Villa Lotus Blok Sukamaju RT 07 RW 01 Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas sekitar pukul 10.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun kerugian material.

Berdasarkan keterangan Abo (52), saksi mata yang juga seorang mandor taman Vila Lotus mengatakan, pertama kali dirinya melihat api tiba-tiba sudah membesar dan terlihat meluap ke atas dari areal kebun bambu milik pemerintah provinsi yang jaraknya sangat dekat dengan vila lotus.

Sontak ia pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke pengelola vila, dan kemudian bersama-sama warga serta sekuriti vila, mencoba memadamkan dengan alat seadanya dulu. “Karena memang yang terbakar itu kebun bambu semua, jadi terlihat cepat menyebar, dan apinya sangat besar,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sambil mencoba memadamkan dengan alat seadanya yang ada di dekat vila, pihak pengelola vila pun juga melaporkan kembali ke pihak pemadam kebakaran (Damkar), agar kebakaran tidak meluas terus hingga ke pemukiman lain.

“Alhamdulillah, kurang lebih setengah jam setelah ada tim dari Damkar, api bisa dikendalikan dan bisa padam,” ungkapnya.

Sementara itu, pengelola Vila Lotus, Dacha Alvins Alvian menuturkan, vila yang memiliki luas wilayah seluruhnya hingga 16 hektar tersebut, memang sangat dekat sekali dengan kejadian kebakaran kebun bambu itu. Sehingga dikhawatirkan jika tidak segera ditangani pemadam kebakaran, akan meluas ke bangunan vila dan pemukiman warga lainnya.

“Yang terdekat dengan kebun bambu itu, sekitar 100 villa. Dan semuanya dikelilingi oleh kebun bambu,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun kerugian material dari pihak vila. Hanya saja, untuk antisipasi meluasnya kebakaran tersebut, pihaknya melaporkan ke Damkar, dan pemerintah desa setempat agar bisa berkoordinasi lebih lanjut.

“Alhamdulillah dengan dua mobil Damkar yang dikerahkan dari Kecamatan Cipanas dan Pemkab Cianjur, api berhasil dipadamkan semua,” ujarnya.

Ia menambahkan, air yang disuplai pun dalam pengisian ulang mobil pemadam kebakaran, itu dibantu dari mata air vila lotus sendiri. Sehingga tim pemadam tidak harus repot mengisi ulang lagi ke tempat lain.

“Untuk penanganan selanjutnya, kami serahkan juga kepada pihak-pihak terkait. Guna menyelidiki secara pasti penyebab kebakaran tersebut,” pungkasnya.

(dan)