Plt Bupati Cianjur Bebaskan ODGJ yang Dipasung

BEBAS: Plt Bupati Herman Suherman membebaskan Andri Sutiawan (17), warga Kampung Celak, Desa Mekarmulya, Kecamatan Pasirkuda. Andri adalah orang dengan ganguan jiwa (ODGJ).

RADARCIANJUR.com – Plt Bupati Cianjur Herman Suherman membebaskan Andri Sutiawan (17), warga Kampung Celak, Desa Mekarmulya, Kecamatan Pasirkuda. Andri adalah orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) dan sudah dipasung keluarganya sejak dua tahun terakhir.

Pemasungan terhadap Andri itu dilakukan lantaran khawatir ia mengamuk dan meresahkan warga sekitar.

Herman menyatakan, awalnya pihaknya mendapat laporan adanya seorang pemuda yang dipasung oleh keluarganya. Dari informasi tersebut, disebutkan Andri kerap mengamuk dan melukai warga.

Dengan dibebaskannya Andri, selanjutnya akan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

“Andri kami bawa ke RSUD Pagelaran untuk ditangani secara intensif,” kata Herman, Minggu (30/6).

Herman mengatakan, perkembangan Andri akan terus dipantau hingga dipastikan tidak lagi mengalami ODGJ. Bahkan, Herman juga berencana akan membangun rumah keluarganya lantaran tidak layak huni.

“Keluarga Andri juga tergolong orang yang kurang mampu. Makanya, rumah itu akan kami bangun secara gotong-royong bersama warga,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut dia, Pemkab Cianjur menargetkan pada 2020 mendatang Kota Santri ini bebas pasung. Herman pun meminta kepada semua pihak agar bisa bekerja sama untuk menyukseskan program tersebut.

“Caranya cukup dengan melaporkan jika ada warga yang dipasung kepada kami. Maka, kami akan menindaklanjutinya. Semua biaya berobat akan ditanggung oleh pemerintah,” ungkapnya.

(*)