Genjot Perbaikan Jalur Lintas Selatan

DIGENJOT: Kementerian PUPR Wilayah PPK V Jabar 2 tengah melakukan perbaikan jalur selatan yang menghubungkan Kabupaten Bandung dengan Cianjur selatan sepanjang 15 kilometer. Selain itu, juga akan dilakukan pelebaran jalan di tebing Rancaembe di Hutan Wangunjaya yang selama ini dikeluhkan lantaran cukup sempit.

RADARCIANJUR.com – Kementerian PUPR Wilayah PPK V Jabar 2 terus menggenjot perbaikan jalan jalur lintas selatan yang menghubungkan dua kabupaten, yakni Kabupaten Bandung-Cianjur-Ciwidey-Rancabali-Naringgul-Cidaun.

Jalan sepanjang 15 kilometer tersebut saat ini dikerjakan oleh PT LIE JASIN dengan konsultan pengawas PT HEKSAGON dengan menggunakan anggaran APBN tahun 2019.

Pantuan Radar Cianjur, ruas jalan Rancabali-Naringgul, Balegede sampai Sukabakti yang memiliki panjang lebih kurang tujuh kilometer saat ini tengah dalam masa pengerjaan dengan material hotmik serta pemasangan saluran air mortal di sisi jalan.

Salah seorang penguna jalan, Acep Kurniawan (36) mengaku bersyukur dengan kondisi jalan yang kini sudah layak tersebut dibanding sebelumnya yang selalu dikeluhkan para pengguna jalan.

“Sebagai penguna jalan yang setiap hari melintasi jalan lintas selatan ini, tentu sangat terbantu dan bersyukur. Sekarang sudah mulus. Kalau dulu banyak berlubang,” tuturnya, kemarin.

Akan tetapi, Acep masih menyayangkan beberapa kilometer jalan, tepatnya di desa Sukabakti dan Balegede, lebar jalan justru menyempit. “Harapan kami kedepanya mudah mudahan jalan penghubung dua kabupaten ini diperlebar, supaya lebih aman. Sebab saat berpapasan dengan penegendara lainya sering macet,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Pengawas PPK V Jabar 2 Hery Kuserna saat dihubungi Radar Cianjur mengatakan, untuk saat ini, pihaknya baru mengerjakan penghotmikan juga pemasangan mortal saluran air.

“Dari mulai Soreang hinga Ciwidey dan Rancabali sampai Naringgul-Cidaun,” ungkapnya.

Rencananya, pengerjaan perbaikan jalan juga akan dilanjutkan ke titik yang lainnya. Termasuk pelebaran jalan, tepatnya di tebing Rancaembe di Hutan Wangunjaya yang akan dipugar.

“Sekarang kita masih menunggu tim P2JN untuk desain kontur jalannya,” katanya.

(jay/mat)