Siap Siaga Bencana, BPBD Cianjur Tempatkan Satu Relawan di Tiap Desa

CEGAH BENCANA: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menyiapkan relawan bencana di setiap desa di Kabupaten Cianjur. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menambah pasukan untuk penanganan bencana di Kabupaten Cianjur. Hal tersebut dikarenakan personil BPBD saat ini dinilai kurang, terlebih di daerah-daerah pelosok Cianjur.

Saat ini, BPBD Kabupaten Cianjur pun merekrut relawan dari setiap desa yakni satu relawan satu desa. Selain itu, sesuai dengan arahan Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman dan sinkronisasi program dengan BPBD Kabupaten Cianjur, tidak terfokus kepada penanggulangan bencana tetapi lebih kepada pencegahan dan kesiap siagaan.

“Kita saat ini lebih kepada pencegahan bencana bukan kepada penanggulanan sehingga memerlukan personil lebih banyak lagi, kalau menangani biayanya lebih besar kalau untuk pencegahan lebih kecil dan kita butuh relawan lebih banyak serta bisa saja satu desa satu relawan,” ujar Sekretasi BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno.

Relawan yang diberi nama relawan tangguh ini tersebar di 360 desa. Pasalnya, Kabupaten Cianjur sendiri termasuk zona merah yakni daerah rawan bencana.

Materi yang diberikan kepada para relawan pun seputar penanganan bencana seperti mitigasi, identifikasi wilayah bencana dan menginventarisir.

Di samping itu, lanjutnya, BPBD Kabupaten Cianjur akan bekerjasama dengan melibatkan dunia usaha mengenai program penanaman rumput vetiver.

Rumput vetiver sendiri merupakan tanaman yang memiliki manfaat banyak dari mulai bisa menahan tanah tebih yang rawan longsor, kekuatannya sendiri lebih dari beton.

(kim)