13 Tahun Rusak, Akhirnya Diaspal Juga

PERBAIKAN: Sejumlah pekerja tengah memperbaiki jalan dengan mengaspal. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Cipanas mengerjakan proyek pengaspalan jalan sepanjang 801 meter persegi, dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap satu tahun 2019.

Kepala Desa Cipanas, Dadan Busyrol Karim menuturkan, pengerjaan perbaikan jalan sekitar desa ini dimulai dari kantor Kecamatan Cipanas, Kantor Koramil Cipanas, serta beberapa ruas jalan pasar.

Ia mengatakan, sudah cukup lama ruas jalan tersebut belum diperbaiki pemerintah desa selama hampir 13 tahun lebih.

Padahal ruas jalan tersebut merupakan akses penting bagi masyarakat.

“Jadi pengerjaan ini kami masukan ke dalam Musrenbang desa 2018 untuk perbaikannya, dan Alhamdulillah bisa direalisasikan sekarang,” ujarnya.

Pelaksanaan perbaikan ini dinilai cukup berpotensi bagi kelancaran akses jalan warga. Baik dari arah ke kantor kecamatan, maupun yang akan berbelanja ke pasar ikan Cipanas.

“Sumber perbaikan jalan tersebut kami gulirkan dari anggaran DD senilai Rp 135 juta. Mudah-mudahan perbaikan jalan ini lebih bisa dirasakan manfaatnya oleh warga,” terangnya.

Ketua LPM Desa Cipanas, Muchtar Lubis menambahkan, jalur yang tengah diperbaiki oleh Pemerintah desa (Pemdes) ini merupakan salah satu akses perekonomian bagi warga. Sehingga pekerjaannya dilakukan pagi, siang, dan malam.

“Selain ada perkantoran pemerintah dan Koramil Pacet, di jalan tersebut ada pasar Desa Cipanas serta pasar ikan. Makanya kami laksanakan perbaikan jalan dengan cepat dan maksimal,” tuturnya.

Menurutnya, dengan dilaksanakan pengaspalan tersebut, pihak LPM sangat mengapresiasi perbaikan jalan ini. Dan diharapkan masyarakat bisa bersama-sama menjaga serta merawat jalan tersebut agar tetap bagus.

“Jangan sampai masyarakat membuang sampah sembarangan, dan mengakibatkan tumpukan sampah hingga banjir,” jelasnya.

Untuk pekerjaan sendiri dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Cipanas. Sedangkan LPM, dan BPD ikut aktif dalam melaksanakan monitoring.

“Kami harapkan pekerjaan jalan tersebut sesuai target dan aturan yang ada. Sehingga bisa terus termanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (dan)