Rekam e-KTP Massal Diserbu Warga

ANTRE PANJANG: Sejumlah warga mengurusan pembuatan KTP elektronik, di aula Desa Ciherang, Selasa (2/6).

RADARCIANJUR.com – Guna mengoptimalkan pelayanan masyarakat dalam pengurusan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, Pemerintah Desa Ciherang Kecamatan Pacet melaksanakan pengurusan secara massal, yang digelar selama tiga hari, di aula Desa Ciherang, Selasa (2/6).

Kepala Desa Ciherang, Acep Haryadi mengatakan, kegiatan pengurusan ini dilaksanakan sejak Selasa hingga Kamis (5/6) nanti. Sehingga diharapkan bagi seluruh masyarakat di kewilayahan Desa Ciherang bisa memanfaatkan momentum ini supaya dalam memenuhi administratif kependudukan bisa merata.

“Alhamdulillah warga pun sangat antusias. Mudah-mudahan program ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin,” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Acep mengatakan, dalam pengurusan e-KTP massal ini, sebelumnya telah disosialisasikan dan diumumkan kepada masing-masing ketua RT setempat. Yang terdiri dari tiga kedusunan, diantaranya, Kampung Panyaweuyan, Buniaga, dan Maleber.

“Ini merupakan program dari Pemerintah kabupaten, yang didorong sepenuhnya oleh pemerintah desa dengan tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis,” jelasnya.

Lebih lanjut Acep mengatakan, beberapa faktor warga dalam pengurusan yang dilaksanakan Pemdes saat ini. Seperti pembuatan eKTP karena hilang, rusak, pembuatan baru karena usia yang telah menginjak 17 tahun, serta pengurusan pembuatan Kartu Keluarga (KK).

Adapun fasilitas yang disediakan oleh Pemdes yakni, komputer sebanyak lima unit, bangku, dan tempat yang layak bagi para warga yang hendak akan mengikuti pengurusan secara massal.

“Sebetulnya untuk perekaman itu memang sudah disiapkan di kecamatan, hanya saja untuk hal ini kita ingin KTP itu jadi prioritas masyarakat. Sehingga bisa lebih dekat dan terlayani dengan cepat,” tuturnya.

Kades pun mendorong warga masyarakatnya, mengikuti perekaman ini dengan baik. Artinya warga sangat diharapkan sekali kedatanganya dalam program ini. Jangan sampai disia-siakan. Apalagi menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan di kantor desa. Yang notabene kantor desa itu ialah gedung publik yang dimiliki oleh seluruh warga Desa Ciherang.

“Kami akan mendorong pelayanan bagi masyarakat. Agar masyarakat itu benar-benar bisa tercatat serta mempermudahkan juga dalam memiliki identitas resmi,” tutupnya.

Isti (18) Warga Kampung Panyaweuyan RT 01 RW 02 mengatakan, dirinya sangat bersyukur dan terbantu sekali dengan adanya pengurusan pembuatan eKTP ini. Karena selain dekat dengan rumahnya, tentu ini sangat penting dengan usianya yang sudah memenuhi syarat pembuatan KTP.

“Senang saja pak, karena selain dekat, juga waktu itu sempat bikin di kantor kecamatan, tetapi lama. Kalau disini kan langsung diproses,” kata dia.

Ia juga berharap, selama tiga hari dalam program yang dilaksanakan pihak desa, bisa menjadikan kebutuhan administratifnya itu segera tertangani. Karena memang ia menilai sangat penting bagi kebutuhan dan urusan-urusan kedepannya. “Mudah-mudahan saja cepet selesai. Karena saya memang perlu. Mumpung di desa ada, jadi ikutan bikin KTP disini,” tukasnya. (dan)