Bawaslu Cianjur Gelar Rakor Evaluasi Pemilu 2019

Bawaslu Kabupaten Cianjur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019

RADARCIANJUR.com – Bawaslu Kabupaten Cianjur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019 dengan seluruh panwascam se-kabupaten Cianjur yang bertempat di salah satu hotel Pacet, Selasa dan Rabu (3/7).

Ketua Bawaslu Cianjur, Usep Agus Jawari, dalam sambutanya menekankan, pengawasan pesta demokorasi menjadi cukup penting, mengingat selalu saja ada dugaan pelanggaran dalam setiap pemlu yang dilaporkan ke Bawaslu.

“Dalam pelaksanaan pemilu, kita tentu tidak bisa melupakan peran dan perjuangan panwas pemilu kecamatan. Bagaimana pun panwascam merupakan kepanjangan tangan dari Bawaslu Cianjur yang mengkordinir tugas pengawas Pemilu kelurahan/desa hingga ke pengawas TPS,” kata Usep Agus Jawari.

Dikatakan Usep, melihat jumlahnya ribuan orang. Tentu dalam hal pelaksanaan pemilu kemarin masih banyak kekurangan, tetapi jangan lupa bahwa penyelengara pemilu khususnya Bawaslu telah menghibahkan diri, tenaga dan pikiran.

“Demi terselenggaranya pemilu 2019 yang jujur dan adil, serta berkualitas,” ujarnya.

Maka dari itu pihaknya mengucapkan apresiasi setinggi-tinginya kepada seluruh panwascam se-kabupaten Cianjur yang telah melaksanakan tugasnya semaksimal mungkin.

“Apabila ada kekurangannya, semoga kita bisa sama-sama memperbaiki guna menjadi referensi di Pemilu selanjutnya,” jelasnya.

Ia berharap, di pemilu dan pilkada yang akan datang, semua jajaran Bawaslu bisa lebih baik lagi dan sesuai dengan visi dan misi Bawaslu sebagai lembaga pengawas penyelenggaraan Pemilu

“Sebetulnya tanggal 1 kemarin itu kami diberikan PR untuk melakukan analisis tentang pilkada mendatang. Hanya saja akan mengajukan waktu beberapa minggu kedepan dan mudah-mudahan hasil evaluasi nanti sesuai harapan,” tuturnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh jajaran pengurus Panwascam di Cianjur, jika misalkan diminta untuk menjadi saksi di Mahkamah Konstitusi (MK), maka diharapkan jangan sampai ada yang bersedia. Terkecuali jika memang diminta langsung oleh pihak Bawaslu RI. Karena dikhawatirkan nantinya ada suatu hal yang tidak sesuai.

“Intinya, kita sama-sama mengikuti instruksi dari Bawaslu pusat, jangan sampai gegabah,” jelasnya.

Selain itu, Usep mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran panwaslu kecamatan hingga desa, karena telah bersama-sama bekerja untuk kelangsungan Pemilu kemarin. “Mudah-mudahan silaturahmi ini bukan hanya saat ini saja, tetapi bisa terus terjalin baik di waktu-waktu yang lain,” tandasnya.

(dan)