Empat Calhaj Cianjur Batal Berangkat

RADARCIANJUR.com – Dari total 1.382 calon jamaah haji (calhaj) Kabupaten Cianjur, ternyata ada empat calhaj yang gagal berangkat ke Tanah Suci. Empat calhaj yang belum berhasil pergi akan ditagguhkan waktu pemberangkatannya tahun depan yaitu 2020.

Dengan jumlah empat calhaj yang batal berangkat itu artinya jumlah keseluruhan calhaj yang berangkat dari Cianjur mencapai 1.378 orang. Staf Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur, Mamat Selamet mengatakan, penyelenggaran haji tahun ini tak mengalami kendala berarti.

Persiapan demi persiapan sudah disiapkan dari mulai paspor hingga visa. Keempat calhaj yang mengalami kendala, satu di antaranya mengalami kecelakaan lalulintas (lakalantas). “Satu di antaranya mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan salah satu kakinya patah,” ujarnya didampingi Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur, Tavip Supriyadi.

Mamat mengungkapkan, calhaj yang mengalami kecelakaan itu merupakan calhaj dari kloter 34 yang direncanakan berangkat pada Sabtu (15/7). Sedangkan tiga calhaj lainnya yaitu satu orang dari kloter 02 dan dua orang dari kloter 72.

Bagi calhaj yang ditunda pemberangkatannya bisa menunaikan Rukun Islam kelima itu pada 2020. Namun untuk tahun depan pun jika ingin berangkat harus ada surat keterangan yang ditandatangani.

“Jadi mereka (calhaj, red) berangkatnya tahun depan, tidak memaksakan tahun ini. Dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kebetulan juga salah satu anak dari calhaj ada yang berangkat tahun depan jadi ada sekaligus pengawasan juga dari pihak keluarga,” jelasnya.

(kim)