Hari Jadi Cianjur Penuh ‘Rahasia’

Helaran hari jadi Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten Cianjur masih merahasiakan pelaksanaan hari ‘H’ peringatan Hari Jadi Cianjur (HJC) tahun 2019 ini. Akan tetapi, Pemkab Cianjur juga menjanjikan bahwa masyarakat akan mendapatkan kejutan dalam rangkain peringatan HJC itu.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Gagan Rusganda mengungkap, penyelenggaraan rangkaian peringatan HJC tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, konsep yang akan ditonjolkan lebih kepada kebudayaan dan kesenian khas Sunda, khususnya Cianjuran.

Kendati demikian, Gagan memastikan, dalam HJC tersebut, sajian pawai berkeliling kota Cianjur tetap akan dipertahankan dan bisa dinikmati masyarakat banyak.

“Sengaja, ini dilakukan agar bisa lebih mengangkat nilai budaya Cianjuran. Berbeda dari tahun sebelumnya yaitu pawai kebhinekaan. Kan Cianjur itu Kota santri, nah itu yang akan kita tonjolkan,” ungkap Gagan, kepada Radar Cianjur, Rabu (3/7).

Sebelumnya, beradar kabar bahwa dalam rangkaian peringatan HJC tahun ini, Pemkab Cianjur akan mengundang artis Ibu Kota yakni grup musik Gambur, Sabyan dan dai kondang Ustad Abdul Somad.

Namun hal tersebut dibantah Gagan. Samai saat ini, tegasnya, pihaknya belum ada rencana apapun untuk mengundang artis atau tokoh manapun. Sedangkan pembahasan konsep rangkaian peringatan HJC sendiri baru akan dimulai dibicarakan pada 11 hingga 18 Juli 2019.

“Kita belum ada arah untuk mengundang artis, kata siapa itu?” terangnya.

Lebih lanjut, terkait pawai HJC, Gagan juga masih belum bisa memastikan rute mana saja yang akan diambil. Juga, pihaknya masih belum bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai susunan acaranya.

Akan tetapi, rencananya, Pemkab Cianjur bakal mengundang sejumlah kepala daerah dari kabupaten maupun kota tetangga untuk datang dan turut melihat serta menghadiri rangkaian perigatan HJC.

Dengan begitu, lanjutnya, tentunya akan semakin menjadikan daya tarik untuk mempromosikan Cianjur ke kabupaten/kota yang berdekatan dengan Kabupaten Cianjur.

“Kalau kepala daerah kabupaten/kota pasti kita undang, semua sudah seperti itu. Kalau kabupaten/kota yang dekat dengan Cianjur sedang merayakan hari jadi, kita pun biasanya diundang,” jelasnya.

Mengenai anggaran untuk rangkaian peringatan HJC tahun ini, Gagan menjelaskan, semuanya masih disusun bersama tim kreatif. Sehingga, jika konsepnya sudah matang dan tersusun, dirinya akan mengundang media untuk memberikan informasi terkait HJC ini.

“Nanti ya kita informasikan lebih lagi mengenai ini (HJC, red), akan kita undang rekan-rekan media. Karena sekarang kita masih susun dahulu semua dan yang pasti ini lebih menarik serta kita akan memberikan kejutan untuk masyarakat Cianjur,” tutupnya.

(kim)