Makan Pisang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

ilustrasi

RADARCIANJUR.com– Buah pisang memiiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti antioksidan dan kecantikan. Memiliki rasa yang manis dan mengenyangkan, pisang ternyata juga bisa menurunkan berat badan.

Ahli gizi dari India, Sunali Sharma mengungkapkan bahwa buah berwarna kuning ini bisa membantu menurunkan berat badan karena meski mengandung banyak kalori.

Pisang sendiri mengandung karbohidrat baik dalam bentuk pati resisten dan rendah lemak, yang bisa membakar kalori berlebih. Disebutkan dalam Healing Food’s oleh DK Publishing House, buah pisang mengandung glukosa yang cepat dilepaskan dan fruktosa yang lambat dilepaskan, sehingga memasok energi. Tak heran kalau pisang bisa mengisi kembali tubuh dengan energi yang hilang selama olahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Pisang juga memiliki kandungan serat tinggi yang membantu pergerakan usus halus dan meningkatkan pencernaan. Sedangkan serat dalam pisang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Dilansir dari NDTV, Rabu (3/7), Sunali Sharma menginformasikan pisang berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat, 3 gram serat makanan, 14 gram gula alami, dan 105 kalori. Pisang banyak mengandung nutrisi mikro yang penting.

“Buah ini (bisa) meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dan membuat perut terasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, mencegah ngemil yang tidak sehat di antara waktu makan,” paparnya.

(jpnn)