Durasi Waktu Tidur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

ilustrasi

RADARCIANJUR.com– Tidak ada satu resep yang pasti untuk menurunkan berat badan. Namun, kebanyakan para ahli merekomendasikan untuk melakukan latihan kardio dan kekuatan, makan makanan padat nutrisi seperti sayuran berdaun hijau, polong-polongan, dan protein tanpa lemak, serta mengendalikan tingkat stres dan cukup tidur.

Tidur sering diabaikan dalam penurunan berat badan. Padahal, tidur penting untuk menjaga berat badan agar tetap baik.

“Lebih dari sepertiga orang dewasa Amerika tidak cukup tidur secara teratur,” kata Rizwana Sultana, MD, asisten profesor perawatan kritis paru dan obat tidur di University of Texas Medical Branch, seperti dilansir laman MSN, Minggu (30/6).

Beristirahat dengan baik penting dilakukan karena ini membantu fungsi otak dan meningkatkan kesejahteraan emosional Anda dan kesehatan fisik. Saat tidur, otak Anda membentuk jalur baru yang membantu Anda mempelajari dan mengingat informasi.

Tidur juga berperan dalam kemampuan Anda untuk memperhatikan, membuat keputusan, dan menjadi kreatif. Tidur juga memperbaiki jantung dan pembuluh darah Anda, dan kurang tidur bisa menyebabkan penyakit jantung, ginjal, dan tekanan darah tinggi.

Selain membuat tingkat kreatifitas Anda mengalir dan meningkatkan daya ingat, tidur juga memengaruhi komposisi tubuh Anda.

CDC melaporkan bahwa tidur membantu menyeimbangkan profil hormon Anda, khususnya hormon yang mengendalikan rasa lapar (ghrelin) dan kepenuhan (leptin).

Jika kurang tidur, maka kadar ghrelin Anda meningkat dan kadar leptin berkurang, yang menyebabkan Anda merasa lebih lapar.

Menurut Dr. Sultana, ini akan menyebabkan Anda makan lebih banyak dari yang Anda butuhkan.

“Selama tidur, banyak hormon termasuk hormon pertumbuhan diproduksi, yang menghasilkan pertumbuhan otot,” jelas Dr. Sultana.

Sekresi hormon pertumbuhan tidak hanya penting bagi orang yang ingin menggunakan massa otot tanpa lemak.

Ini mempromosikan pertumbuhan di masa kanak-kanak, dan itu membantu Anda menjaga jaringan tubuh dan massa otot yang sehat selama dewasa.

Ingat ketika kita mengatakan tidur merupakan bagian integral dari penurunan berat badan?

Menurut Dr. Sultana, Anda harus tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam jika ingin mencoba menurunkan berat badan.

Ini akan membantu Anda menghindari kelelahan dan kantuk di siang hari, yang menghasilkan ketidakmampuan untuk berolahraga dan kurangnya motivasi.

Anda juga harus mencoba untuk mendapatkan tujuh hingga sembilan jam di malam hari, karena tidur sepanjang hari bisa memiliki gangguan dalam ritme sirkadian normal, yang memengaruhi pelepasan hormon tubuh.

Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, buat rutinitas tidur dan patuhi itu, serta sesuaikan suhu kamar Anda menjadi sekitar 20 derajat Celcius, hindari kafein setelah jam 10 pagi, hindari makanan berlemak dan alkohol, kemudian hilangkan penggunaan gadget di tempat tidur.

(fny/jpnn)