Festival Cikundul Kembali Menjadi Magnet Wisatawan

RADARCIANJUR.com – Mengulang kesuksesan Festival Cikundul tahun 2018, kini Festival Cikundul kembali dihelat. Acara yang mengusung konsep pameran ekonomi kreatif, pegelaran budaya dan seremonial ini, akan dilangsungkan mulai tanggal 08 hingga 20 Juli 2019. Alun alun Cikundul, Desa Cijagang targetnya akan dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia.

Dadan Ramdhan, Ketua Panitia Festival Cikundul (FC) 2019 menegaskan, ada perbedaan signifikan antara FC ke-1 dan ke-2. Pasalnya, kini pelaksanaan hanya 12 hari. Tahun sebelumnya, FC dihelat selama 42 hari nonstop. Kemasan acara lebih ekslusif, lanjut dia akan ditonjolkan pada FC ke-2. Pengisi acara pun lebih semarak dan pilihan. Menurutnya, pengisi kegiatan mulai dari panggung hiburan sampai stand bazaar melibatkan tokoh tokoh dan warga setempat.

“Pastinya akan lebih meriah, walaupun durasi pelaksanaan lebih minimalis, namun konten acara akan lebih semarak. Pamerannya, ada produk dari setiap RT (Rukun Tetangga,red) hasil ekonomi kreatif Cikundul, Desa Cijagang. Acara dibuka tanggal 8 (Juli). Nantinya, FC diharapkan mampu menarik wisatawan domestik se-Indonesia,” tuturnya beberapa waktu kemarin.

Senada dengan Dadan, Asep Zulkarnaen selaku Kepala Desa Cijang mengungkapkan, intensitas pengunjung wisata religi ke Maqom Dalem Cikundul di bulan syawal semakin ramai. Menurutnya, FC nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung Wisata Religi. Pasalnya, lokasi acara dilintasi oleh ribuan peziarah Maqom Cikundul. Mereka, lanjut dia hilir mudik ziarah dari berbagai daerah.

“Silahkan dilihat langsung kalau sudah Malam Sabtu, Malam Minggu dan Malam Jumat, ribuan pengunjung hadir ke Cikundul. Dengan digelarnya kembali FC, maka para peziarah itu, akan menceritakan kepada rekanannya di berbagai kota. Pola promosi ini, goalnya adalah FC mampu mengharumkan nama Cianjur se-Indonesia. Target fantastis karena pengunjung Maqom Dalem Cikundul pun berasal dari berbagai latar belakang se-Indonesia,” tuturnya.

Disinggung terkait pihak pendukung acara, Figur yang akrab disapa Kang Zuna ini menjelaskan, setiap tahunnya ada produk rokok ternama yang selaku aktif mendukung kegiatan di Cikundul sejak puluhan tahun lalu. Disamping itu, ada figur Inohong (Tokoh) dari Bogor yang kerapkali mendukung acara di daerah multisarana wisata itu. (rzy)