Bina Akhlak Siswa

BANGGA: Siswa-Siswi MI Islamiyah Sayang menunjukan pin kelulusan sekolah usai mengikuti acara pelepasan siswa.

RADARCIANJUR.com– Adanya perilaku anak (siswa, red) disekolah khususnya yang tidak mencerminkan akhlak baik tentunya menjadikan sebuah kprihatinan sejumlah pihak. Untuk itu, agar terhindarnya dari perilaku tersebut, MI Islamiyah Sayang menerapkan pembelajaran pembinaan akhlak.

Kepala MI Islamiyah Sayang, Usep Yusup mengatakan, bahwa sangat prihatin jika adanya siswa di sekolah yang memiliki ahklak tidak baik, seperti tidak sopan kepada guru.

“Guru itu merupakan orang tuanya disekolah yang sudah mendidik anaknya agar lebih baik. Seharusnya mereka harus bisa hormat dan tidak berperilaku seperti preman,” ungkapnya.

Seperti halnya terjadi dibeberapa sekolah yang sudah ramai dipemberitaan, khusunsya di media sosial, adanya siswa yang memukul gurunya. Perilaku anak seperti itu disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor lingkungan, seperti salahnya pergaulan tidak sehat, pertengkaran atau perpisahan kedua orang tuanya.

“Anak yang mengalami faktor seperti itu biasanya suka mencari perhatian diluar yakni dengan cara tidak baik,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi adanya hal seperti itu disekolah. Pihaknya saat ini gencar menerapkan pembinaan akhlak kepada siswa yakni dengan cara memberikan pelajaran yang baik dengan tutur kata maupun sikap yang baik yang dicontohkan oleh guru-gurunya disekolah.

“Alhamdulillah selama ini kami tidak mendapatkan laporan yang aneh tentang perilaku siswa. Jika seandainya ada siswa yang melanggar aturan tata tertib disekolah akan diberikan sanksi. Tujuannya agar tidak menularkan virus kepada temannya yang lain,” ujarnya.

(riz)