Rumah Panggung di Mekarlaksana Hangus Terbakar, Ini Penyebabnya

TAK ADA KORBAN: Tak hanya rumah, sejumlah material non uang kisaran Rp70 juta ludes terjilat api. FOTO: MAMAT MULYADI/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Satu unit rumah panggung milik Nanang (50) ukuran 9×6 meter ludes hangus terbakar di Kampung Babakantipar RT3/RW4, Desa Mekarlaksana, Kecamatan Sindangbarang, Minggu (7/7).

Nanang hanya bisa pasrah rumahnya sudah menjadi arang. Tidak ada korban jiwa karena saat kejadian rumah dalam kondisi kosong tak ada penghuni semua sedang keluar beraktivitas.

“Saya sudah melaporkan kejadian kebakaran ini kepada RT/RW dan pihak desa setempat, kerugian puluhan juta rupiah ada kang,” ujarnya.

Ia menambahkan, sementara tinggal di rumah saudara atau tetangga dekat dulu. Pasalnya rumah habis ludes terbakar api, dari mulai barang elektronik dan seisinya.

“Berharap ada bantuan dari pihak pemerintah, bisa difasilitasi Pemerintah Desa (Pemdes) setempat juga dinas terkait yaitu BPBD Kabupaten Cianjur,” harap Nanang.

Kapolsek Sidangbarang, AKP Nandang mengatakan, setelah menerima laporan dari warga, pihaknya segera meluncur ke lokasi. Kebakaran rumah warga yang diakibatkan diduga dari konsleting listrik (arus pendek).

“Kejadian terjadi sekitar pukul 17:10 WIB, ada laporan langsung dari warga, kami langsung cek ke lokasi,” ungkapnya.

Penanganan sementara, rumah keluarga korban saat ini diungsikan ke tempat saudaranya yang dianggap aman.

“Padi 900 kilogram dan peralatan rumah tangga dan barang elektronik serta lainnya ludes terbakar,” ulas Kapolsek.

Api juga menghanguskan material non uang sekitar Rp70 juta dan surat kendaraan STNK dan BPKB motor, lalu ternak ayam sekitar 15 ekor.

(mat).