3 Keistimewaan Wayang Kulit Spider-Man Karya Seniman Indonesia!

ilustrasi

RADARCIANJUR.com– Film ‘Spiderman-Far From Home’ masih menjadi bintang layar lebar pekan ini. Kepiawaian akting Tom Holland menjadi Spidey patut diacungi jempol.

Di Indonesia gegap gempita Spider-Man juga dirasakan seniman Is Yuniarto dengan membuat wayang kulit. Kreasinya pun sudah sampai ke tangan Tom Holland saat menyambangi Pulau Dewata akhir Mei lalu.

Apa saja keistimewaan wayang kulit Spider-Man? Berikut di antaranya:

1. Dibuat dalam Waktu Singkat

Is Yuniarto mengaku membuat satu wayang kulit kreasinya selama 4 jam lamanya. Komikus yang terkenal lewat komik ‘Garudayana’ memang pernah membuat wayang Spider-Man sebelumnya.

“Sebelumnya saya sudah pernah membuat desain wayang Spider-Man saat ‘Avengers Infinity War’ tahun lalu dan juga Spiderman Spider-verse beberapa saat yang lalu,” tutur Is Yuniarto saat dihubungi detikHOT.

2. Bentuk Wayang Spider-Man Paling Unik

Ada bagian wayang kulit Spider-Man yang terbilang unik sekaligus tertantang dalam membuatnya. Yakni di bagian wajah.

“Bentuk muka Spider-Man yang mengenakan topeng cukup sulit diadaptasi ke bentuk stilasi siluet wayang Jawa, yang pada umumnya menonjolkan bagian hidung dan mulut,” tutur Is Yuniarto.

3. Tom Holland Memuji Wayang Kulit Spider-Man

Ketika wayang kreasi komikus asal Surabaya sampai ke tangan Holland, sang aktor pun memujinya. Dalam foto yang diposting Is di media sosial, Tom Holland tampak senang menerima hadiah wayang kulit Spider-Man dan sempat memainkannya di hadapan audiens Indonesia.

(dtk)