5 Langkah Mudah Menjadi Ayah ASI Andalan

ilustrasi

RADARCIANJUR.com– Air Susu Ibu (ASI) memang hanya bisa dihasilkan oleh sang ibu. Namun, bukan berarti ayah tidak memiliki andil dalam proses menyusui buah hati. Sebab, dukungan suami sebagai ayah ASI bisa memberikan pengaruh postif bagi ibu dan anak.

Dilansir dari Very Well Family, dukungan yang disampaikan dengan penuh kasih adalah salah satu faktor terpenting. Sikap ini bisa mendorong keputusan seorang wanita untuk menyusui. Ayah ASI harus siap menolong dan ikut merasakan kebahagiaan hingga kesulitan yang ibu rasakan saat menyusui.

Lalu, apa saja langkah yang bisa dilakukan untuk menjadi Ayah ASI?

Seperti dikutip dari laman Today’s Parent, setidaknya ada lima langkah yang bisa dilakukan suami untuk menjadi Ayah ASI. Tindakan sederhana yang ternyata bisa menyentuh perasaan sang ibu. Menjadi mitra dalam menyusui, Anda berinvestasi dalam kesehatan jangka panjang untuk keluarga Anda karena ikatan yang terbangun.

1. Siap membantu saat istri menyusui

Peran di sini, Anda harus siap dan rela melakukan apapun tanpa diminta saat sang istri sedang menyusui. Misalnya istri Anda menginginkan air minum atau bantal saat menyusui. Bisa juga bantu sediakan camilan dan tanya apa yang istri Anda butuhkan. Hal sederhana yang sebenarnya sangat menyentuh.

2. Pijat lembut istri

Pada hari-hari awal menyusui, istri Anda mungkin akan merasakan kelelahan. Terlebih harus beradaptasi dengan posisis yang agak tidak nyaman ketika menyusui. Dalam keadaan demikian, cobalah berikan pijatan lembut dengan minyak untuk meredakan rasa sakit. Pijatan ini juga bisa membuat sang ibu lebih rileks dan merasa disayangi.

3. Cari tahu dunia ASI

Sebagai seorang suami, tak ada salahnya ikut mencari apa itu dunia menyusui. Sehingga kalau sang istri mengalami kendala atau kesulitan dalam menyusui, Anda sebagai ayah ASI bisa ikut menenangkan. Cari tahu apapun tentang menyusui yang sangat berguna bagi istri dan anak Anda.

4. Atasi masalah bersama

Ketika ibu mengalami kesulitan cobalah untuk membantu mengatasi. Misalnya ketika air susu tidak keluar terlalu banyak, cobalah terus mendorongnya untuk tidak menyerah. Seperti membuat atau membelikan makanan yang bisa menambah ASI. Pastikan istri Anda tak sendirian ketika menghadapi masalah.

5. Hargai perasaan istri

Ikut merasakan dan menghargai setiap kondisi yang istri Anda alami selama menyusui. Ayah memang tak pernah tahu rasanya menyusui, tapi cukup ikut merasakan perasaan si ibu. Misalnya apakah sang ibu nyaman ketika menyusui di tempat umumm atau apakah istri Anda kelelahan setelah semalaman begadang. Untuk itu temani selalu sang istri.(jpnn)