Kejari Cianjur Bakar Barang Bukti Narkoba dan Sajam Senilai Setengah Miliar

TEKAN KEJAHATAN: Kejari memusnahkan sejumlah barang bukti semester pertama 2019, nominalnya mencapai hampir setengah miliar. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Barang bukti hampir setengah miliar sudah menjadi abu. Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur menghanguskan sejumlah benda yang disita dari ragam perkara selama semester satu di 2019, terhitung sejak Januari sampai Juli 2019 yang telah mempunyai ketetapan hukum inkrah.

Pemusnahan dilakukan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Cianjur, Jalan Dr Muwardi, Senin (8/7). Kepala Kejari Cianjur, Yudhi Syufriadi mengatakan, pemusnahan barang bukti yang telah mempunyai ketetapan hukum tetap di antaranya ganja, sabu, senjata tajam, dan telepon selular.

Pemusnahan barang bukti sebagai satu langkah untuk menekan angka kejahatan di Kabupaten Cianjur. “Khusus untuk ganja, kita musnahkan seberat 117 kilogram,” ujar Yudi setelah melakukan pemusnahan barang bukti.

Ia menambahkan, untuk barang bukti sabu yang dimusnahkan 68,9 gram. Secara teknis, pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di dalam dua drum. Barang bukti senjata tajam dan telepon selular dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan gergaji mesin. “Semoga dengan adanya kegiatan pemusnahan kejahatan semakin menurun, kasus dan perkara kejahatan selain melanggar ketentuan agama juga melanggar ketentuan yang berlaku,” ujar Yudhi.

Kepala Seksi Barang Bukti Kejari Cianjur, Ema Huzaemah Siti Ahmad mengungkapkan, barang bukti yang dimusnahkan dari 67 perkara terbilang cukup besar. “Perkara tersebut dari Januari sampai dengan Juli, kali ini merupakan barang bukti yang dimusnahkan terbilang cukup besar,” tutur Ema.

Ema memaparkan, selain barang bukti yang dimusnahkan ada juga barang bukti yang dikembalikan kepada pemiliknya. “Setelah menempuh prosedur dan administrasi, barang bukti ada yang dikembalikan kepada pemiliknya seperti barang bukti kendaraan,” papar Ema.

(dil)