Study Banding dan MoU Antar Universitas

Kunjungan Universitas Baleendah Bandung ke Unsur Cianjur

RADARCIANJUR.com – Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur terus memperluas jaringan dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi. Bertempat di ruang Audiotorium Pasca Sarjana Unsur Cianjur, menerima kunjungan dari Universitas Baleendah Bandung, Sabtu (7/19).

Kunjungan Universitas Baleendah Bandung ke Unsur Cianjur ini adalah dalam rangka studi banding dan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of understanding (MoU) yang dihadiri oleh 37 civitas akademik dari kedua universitas.

Beberapa aspek menjadi bahan banding pada acara tersebut, seperti sistem pendidikan, penelitian, pengabdian, dan Sumber Daya Manusia (SDM). Acara tersebut dimaksudkan demi meningkatkan kualitas sistem pendidikan di kedua universitas.

Selain Universitas Baleendah Bandung, banyak universitas lain yang juga melakukan studi banding dengan Universitas Suryakancana. Seperti beberapa Universitas di Medan, Subang, bahkan Australia.

Wakil Rektor II Universitas Suryakancana Cianjur, Iis Ristiani mengatakan, bangga atas banyaknya universitas yang melakukan study banding dengan Unsur. Menurutnya, selain mencerminkan bahwa Unsur diakui bagus oleh Universitas lain, juga banyak ilmu yang didapat dan dibagikan.

“Saya senang, Unsur sudah terakreditasi B. Kita pun harus bangga karena bisa berbagi ilmu dengan yang lain,” ujarnya.

Menurutnya, manusia yang baik itu salah satunya yang bisa bermanfaat. Artinya, jika bisa bermanfaat bagi orang lain, tentunya itu menjadi kebanggaan dan rasa senang bagi semua. Tetapi mesti juga harus lebih belajar lagi, karena ilmu itu tidak harus digali dari universitas sendiri, tetapi di universitas pun bisa.

“Intinya kita mencoba untuk menyampaikan saja kepada masyarakat, apa yang ada di Unsur ini. Kita pun tidak hanya sekedar berkata saja, tetapi mesti menjadi hal yang terwujud dan berguna bagi orang lain,” pungkasnya.

(dan)