Diisi Gelaran Seni dan Budaya, Festival Cikundul 2019 Dijamin Meriah

MERIAH: Festival Cikundul 2019 diramaikan dengan berbagai sajian cara serta kegiatan dan lomba yang didasarkan atas seni dan budaya Cianjuran.

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Cijagang, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Cianjur, bekerja sama dengan para budayawan Cianjur dan paguron menyelenggarakan Festival Cikundul Tahun 2019. Scara diisi dengan berbagai rangkaian acara gelaran seni dan budaya sesuai ‘Ngaos-Mamaos-Maenpo’ yang akan digeber selama dua pekan.

Kepala Desa Cijagang, A Zulkarnaen mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi dengan para paguron pencak silat di Cianjur khususnya dan para budayawan.

“Ya untuk melestarikan seni budaya atau kearifan lokal warisan nenek moyang jaman dulu. Dari mulai Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA), sehingga masyarakat bisa menghargai warisan nenek moyang dulu,” katanya, Selasa (9/7).

Pria yang akrab disapa Kang Juna itu menyebut, festival tersebut juga menyajikan banyak sekali sajian seni dan budaya. Selain itu, juga ada bermacam gelaran kreativitas seni dan budaya.

“Jadi kami ingin mengajak masyarakat agar cinta dan tetap melestarikan seni serta budaya kita ini jangan sampai pudar,” lanjutnya.

Juna membeberkan, Festival Cikundul 2019 juga tidak hanya menyajikan seni pencak silat sebagai sajian utamanya. Tapi juga berbagai lomba, seperti lomba membuat rumah dari bahan bambu, lumbung padi dan rumah adat istiadat Sunda, bahkan sampai ngambil air dari aliran sungai Cikundul.

“Ada juga arak-arakan jampanan, lengser, dongdang, lomba tumpeng, seni tari jaipongan dan sebagainya. Pokonya ada banyak dan kami jamin yang datang pasti akan puas,” ucapnya.

Sementara, Camat Cikalong, Ecep mengatakan, sangat mendukung Festival Cikundul 2019. Alasannya, kegiatan tersebut mengusung seni dan budaya Sunda, khususnya Cianjur yang memang harus terus dilestarikan agar jangan sampai punah.

“Jadi ada gagasan atau ide melalui program hal kegiatan positif ini sangat bagus dan mendukung penuh pastinya,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Cikundul 2019, Dadan M Ramdan mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan berbagai persiapan, diantaranya menyebar undangan ke berbagai pihak. Rencananya, pembukaan festival itu juga akan dihadiri dari perwakilan Pemkab Cianjur, muspika, dan dinas terkait.

“Mudah-mudahan acara bisa terealisasikan dan terselenggara dengan baik dan lancar,” harapnya.

Terpisah, Pimpinan Paguron Panca Rasa, Dandi memaparkan, pihaknya dipastikan akan menjadi salah satu pengisi acara dalam festival tersebut bersama puluhan paguron pencak silat lainnya.

“Kalau seni bela diri kita lebih mengutamakan kelembutan, rasa, dan gerak. Jadi tidak perlu atau mengandalkan emosi,” katanya.

Dandi menjelaskan, ilmu bela diri sejatinya bukan untuk membuat seseorang menjadi sok dan sombong. Sebaliknya, bela diri mengajarkan seseorang agar selalu sabar dan tenang serta menjaga emosi. Selain itu, juga untuk mengajarkan sopan santun dan tatakrama.

“Artinya, hanya cukup melawan dengan kesabaran, rasa dan gerak,” terangnya.

(mat)