Guru Dituntut Disiplin

RADARCIANJUR.com– Permasalahan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan permasalahan yang benar-benar serius. Pasalnya, aturan tersebut sudah tertuang dalam PP Nomor 53 Tahun 2010, tentang disiplin pegawai ASN. Dalam aturan tersebut sudah menjelaskan mengenai aturan disiplin ASN dengan sanksi yang akan diterimanya.

Karena dengan ketidakdisiplinan ASN, khususnya bagi guru, akan berpengaruh pada kemajuan dan perkembangan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Sanksinya bermacam-macam, ada yang sanksi berat, seperti pemecatan dan ada juga sanksi ringan. Sanksi tersebut berlaku untuk semua ASN termasuk pegawai fungsional, seperti guru, kepala sekolah,” tutur Humas Kementrian Agama Kabupaten Cianjur, Ayi.

Ayi menjelaskan, bagi guru yang melanggar aturan tersebut berdasarkan PP Nomor 53 Tahun 2010 pasal 07 yakni mengenai tingkat hukuman disiplin ringan, disiplin sedang dan disiplin berat.

Disiplin ringan, seperti teguran lisan, teguran tertulis dan pernyataan tidak puas secara tidak tertulis, disiplin sedang seperti penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun.

“Selain itu, adanya sanksi penundaan kenaikan gaji selama satu tahun, penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun dan hukuman disiplin berat seperti penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun, serta pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah,” jelasnya.

(riz)