Kembangkan Pelaku UKM

RADARCIANJUR.com– Alfamart dan Direktorat Riset & Pengabdian Masyarakat (DRDPM) Universitas Indonesia (UI) gelar pelatihan dan pendampingan bisnis bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) penyedia homestay, amenitas dan pemandu wisata.

Acara yang dihelat di Museum Geopark (Arboretum)/Sekretariat PAPSI di Jalan Tamanjaya No.9, Ciemas Palabuhanratu Sukabumi, pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019 itu, diikuti sekitar 60 orang pelaku UKM.

Dengan mengangkat tema peningkatan kepariwisataan berbasis masyarakat di kawasan Wisata UNESCO Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu, yang dihadiri langsung beberapa pemateri dalam acara ini, yaitu Chairman, Board of advisor ASEAN youthpreneur Community, Profesor. Roy darmawan SE. M. Si dan General manager store sales point Alfamart, Tri wiyono seputro.

Kepala Cabang Alfamart Cianjur-Sukabumi Sulardi mengatakan, tujuan terlaksananya kegiatan ini tiada lain untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan usaha masyarakat sekitar, khususnya di Sukabumi.

“Sasaran kegiatan ini ditujukan kepada pelaku usaha homestay, cafe/warung makan, pemilik toko/warung, pemandu wisata dan pelaku sektor usaha lainnya,” ujarnya.

Program ini diadakan oleh direktorat riset & pengabdian masyarakat dari Universitas Indonesia dan didukung oleh alfamart selaku sponsor utama, bank BTN dan Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI).

“Dengan adanya acara ini diharapkan membangun mindset para pelaku usaha. Selain itu pelaku UKM tidak hanya mendapatkan keuntungan sesaat tapi keuntungan dalam jangka panjang, tentunya didukung dengan pengembangan teknologi di masa sekarang ini.
Alfamart sendiri siap bersinergi dengan para pelaku UKM. Juga diharapkan pelaku UKM siap berkompetisi global tanpa melupakan budaya lokal,” pungkasnya.

(adv)