Sekolah Negeri Banyak Diminati

RADARCIANJUR.com-Jumlah Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Al Kautsar mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 120 orang. Namun, untuk tahun sekarang jumlah pendaftar hanya mencapai 85 orang dengan dibukanya pendaftaran mulai dari tanggal 24 Juni 2019-13 Juli 2019.

Ketua Panitia PPDB MTs Al Kautsar, Ara Assanjury mengatakan, pihaknya mengalami penurunan jumlah PPDB. Hal itu disebabkan karena faktor banyak persaingan sekolah dimana-mana.

“Orang-orang sekarang kebanyakan lebih memilih mendaftarkan anaknya ke sekolah negeri daripada sekolah swasta,” katanya.

Ara menjelaskan, syarat pendaftaran siswa baru di MTs Al Kautsar adalah diutamakan tes kepribadian, misalkan sikap dan pembacaan Alquran.

“Tujuannya adalah untuk melihat sejauhmana anak tersebut bisa membaca al-quran. Jika misalkan ada siswa yang belum bisa membaca Alquran akan dibina secara terus menerus, dan jika misalkan fasih dalam membacanya akan dikembangkan untuk metode tamyid atau terjemahan kata per kata didalam Alquran,” jelasnya.

(riz)