652 Meter Jalan Desa Ciputri Dibeton

Jalan Desa Ciputri Dibeton. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Memanfaatkan Dana Desa (DD) tahun 2019, Pemerintah Desa Ciputri, Kecamatan Pacet membangun infrastruktur jalan rabat beton yang menghubungkan empat kampung dan meliputi dua kedusunan.

Akses jalan ini dibangun sepanjang 652 meter, lebar 3,5 meter, dan ketebalan 20 centimeter yang merupakan penghubung antara Kampung Sarongge, Cijedil, Babakan Nagrog, dan Kampung Ciherang.

Sekertaris Desa Ciputri, Deky Afrizal mengatakan, pembangunan jalan yang dilakukan secara bertahap ini merupakan sambungan dana yang digulirkan dari DD tahap pertama sebesar Rp217.140.000, dan kemudian dikerjakan kembali tahap kedua yakni sebesar Rp344.550.000.

“Jadi jumlah keseluruhaan dana yang digunakan yakni sebesar Rp 561.690.000. Dengan total panjang jalan 652 meter,” jelasnya.

Menurutnya, perbaikan jalan tersebut dinilai cukup penting. Pasalnya, jalan itu merupakan jalur utama yang sering dipergunakan masyarakat dalam menumbuhkembangkan perekonomian di Desa Ciputri.

“Jalan ini memang cukup vital. Karena kebanyakan dari warga Ciputri kebanyakan menggantung kehidupannya dengan cara bertani, ojek, dan jual beli sayuran,” kata Afrizal.

Selain itu, lanjutnya, setelah dibangunnya jalur tersebut, diharapkan dapat meningkatkan, mempermudah, dan mempercepat akses jalan bagi anak-anak sekolah yang sekaligus bisa dipergunakan oleh warga lainnya.

“Mudah-mudahan masyarakat di Desa Ciputri dapat memelihara jalan yang telah dibangun, agar kualitas pembangunanya dapat bertahan lama,” pintanya.

Ia pun berharap, pasca dibangunnya jalan penghubung tersebut, manfaat yang nyatapun dirasakan langsung masyarakat. Yakni dengan tidak menjadikan hambatan warga untuk beraktifitas karena jalan telah diperbaiki.

“Jalan penghubung empat kampung ini sudah bagus dan tidak lagi rusak. Mudah-mudahan saja bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga,” pungkasnya.

(dan)