Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Timnas Indonesia Masuk Grup G

Timnas Indonesia

RADARCIANJUR.com – Jalan panjang timnas Indonesia menuju Piala Dunia 2020 zona Asia di Qatar sudah dimulai. Setelah melalui drawing yang digelar di markas konfederasi sepakbola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/7) petang kemarin itu, Timnas Indonesia tergabung di dalam Grup G.

Sebanyak 40 negara Asia akan berpartisipasi di babak kualifikasi fase kedua ini. Timnas Indonesia sendiri terhindar dari grup neraka dan bisa dibilang tergabung di grup yang relatif ‘mudah’. Pasalnya lawan-lawan yang akan dihadapi skuat asuhan Simon McMenemy di Grup G terbilang sudah familiar. Kendati demikian, nuansanya akan berbeda.

Lawan-lawan biasa yang dihadapai Garuda akan menjelma menjadi tim yang lebih sulit. Indonesia termasuk sudah ‘siap’ melakoni babak kali ini. Di dalam Grup G sendiri, timnas senior Indonesia akan menghadapi ‘musuh’ lama sesama negara ASEAN yaitu Vietnam, Thailand dan Malaysia. Tiga negara tersebut merupakan lawan-lawan yang sudah biasa dihadapi tim Garuda di level Asia Tenggara.

Selain tiga negara ASEAN tersebut, Timnas Senior Indonesia juga akan menghadapi Uni Emirat Arab sebagai tim pot 1 yang merupakan unggulan dari Grup G ini.

Harapan Indonesia dinilai cukup besar untuk melaju, setidaknya sampai babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tahap akhir. Jika berhasil lolos sampai ke tahap tersebut, Indonesia tentu bakal bertemu para raksasa Asia macam Jepang, Iran, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, hingga Australia.

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo mengatakan, timnas Indonesia tidak boleh hanya siap mental, tapi juga harus tahu kekuatan sendiri dan tim lawan. “Jadi kita harus tahu kekuatan kita dan calon lawan kita yang di grup. Kita harus tahu semua, itu yang paling penting,” ujarnya.

Ke-40 negara tersebut masuk ke dalam delapan grup, di mana masing-masing grup diisi oleh lima negara. Babak kualifikasi kedua Piala Dunia 2022 zona Asia ini akan dihelat mulai 5 September 2019 sampai Juni 2020.

Juara dari masing-masing grup dengan total delapan tim dan empat runner-up terbaik akan lolos ke babak kualifikasi ketiga alias tahap akhir, sebelum diketahui tim-tim mana yang akan mewakili Asia di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Para juara grup dan runner-up terbaik tersebut juga otomatis langsung lolos mengikuti Piala Asia 2023 di China. Kemudian tim terbaik dari 24 tim tersisa akan kembali bertanding guna memperebutkan slot Piala Asia yang tersisa.

Dibagi Menjadi Delapan Grup
Grup A
China
Suriah
Filipina
Maladewa
Guam

Grup B
Australia
Yordania
Taiwan
Kuwait
Nepal

Grup C
Iran
Irak
Bahrain
Hong Kong
Kamboja

Grup D
Arab Saudi
Uzbekistan
Palestina
Yaman
Singapura

Grup E
Qatar
Oman
India
Afghanistan
Bangladesh

Grup F
Jepang
Kirgistan
Tajikistan
Myanmar
Mongolia

Grup G
Uni Emirat Arab
Vietnam
Thailand
Malaysia
Indonesia

Grup H
Korea Selatan
Libanon
Korea Utara
Turkmenistan
Sri Lanka
Diolah dari berbagai sumber

Perjuangan Panjang Timnas Garuda
– Indonesia (K) vs Malaysia, 5 September 2019
– Indonesia (K) vs Thailand, 10 September 2019
– Uni Emirat Arab vs Indonesia (T), 10 Oktober 2019
– Indonesia (K) vs Vietnam, 15 Oktober 2019
– Malaysia vs Indonesia (T), 19 November 2019
– Thailand vs Indonesia (T), 26 Maret 2020
– Indonesia (K) vs Uni Emirate Arab, 31 Maret 2020
– Vietnam vs Indonesia (T), 4 Juni 2020
Keterangan:
K: Kandang
T: Tandang

(sua/cnn)