TNI Dukung Ketahanan Pangan Nasional

TNI Sukseskan program Tanam Perdana Pemberdayaan Ketahanan Pangan (TPPKP) tahun 2019.

RADARCIANJUR.com – Guna meningkatkan ketahanan pangan nasional, Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo bersama Danrem 061/SK Kolonel Inf Novy Helmi Prasetya, serta Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Andhani, berupaya mensukseskan program Tanam Perdana Pemberdayaan Ketahanan Pangan (TPPKP) tahun 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lahan terbuka seluas tiga hektar di daerah Beunying, Desa Pakuon Kecamatan Sukaresmi, Rabu (17/7) kemarin. Langkah ini pun mendapatkan respon baik dari para petani, demi mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya di Kabupaten Cianjur.

Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo menjelaskan, program penanaman perdana ini dalam rangka mendorong ketahanan pangan nasional. Terlihat wilayah di bukit Beunying ini memiliki kontur tanah yang subur, namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Disini kami menanam aneka jenis tanaman hortikultura, dan didukung dengan teknologi pertanian. Kami pun ikut membina kelompok tani yang berasal dari petani sekitar. Kami juga sediakan sarana prasarana, dan hasilnya pun akan dinikmati para petani,” tuturnya usai kegiatan.

Diakui Purnomo, pelaksanaan ini tak lepas dari kerjasama Dandim 0608/Cianjur dan Danrem 061/Suryakencana. Diharapkan dalam penanaman ini bisa menjadi contoh kegiatan Kodim di daerah lainnya.

“Untuk Cianjur ini memiliki beragam jenis hortikultura, semoga bisa menunjang kebutuhan kebutuhan sayur mayur warga. Saat ini harga cabai kan naik, semoga dengan upaya penanaman seperti ini bisa membuat harga stabil,” paparnya.

Menurut Purnomo, penanaman perdana di lahan dataran tinggi ini, memang mesti mengupayakan pasoka air yang cukup. Untuk itu, para petani disarankan membuat embung air, sehingga suplai airnya bisa terjaga dan tanaman tumbuh subur.

“Upaya yang kami lakukan ini, demi mewujudkan ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Sementara, Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Andhani menjelaskan, langkah percepatan pelaksanaan pembangunan prasarana dan sarana pertanian, dalam program ketahanan pangan nasional akan terus diupayakan secara maksimal. Sehingga diharapkan bisa ada peningkatan produksi dan produktivitas usaha pertanian, khususnya di wilayah Cianjur.

“Saya mengucapkan rasa terimakasih kepada Mabes TNI dengan dijadikannnya wilayah Cianjur sebagai kebun percontohan. Tentunya kami akan mendukung penuh dan melaksanakan program ini dengan baik,” papar Rendra.

Rendra menuturkan, saat ini pengolahan tanaman dilakukan dengan teknologi yang teruji. Sehingga tanaman tetap bertahan meskipun cuaca kemarau seperti ini.

“Semoga ini bisa menjadi contoh kelompok tani di nusantara, dan aneka jenis sayuran bisa menjadi pemenuhan kebutuhan masyarakat,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Pakuon, Kecamatan Sukaresmi, Herman sangat menyambut baik dengan adanya penanaman aneka jenis sayur mayur di lahan Beunying. Diharapkan bisa meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat dan ketersediaan pasokan sayuran bagi masyarakat.

“Semoga penanaman aneka jenis hortikuktura ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Karena masyarakat kami pun langsung menjadi petani binaan. Hingga akhirnya berdampak baik kepada ketahanan nasional dan kondisi pangan bagi rumah tangga tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik, jumlah, mutu, aman, merata, dan terjangkau,” tutupnya.

(dan)