Siswa SMKN 1 Cilaku Rebutan Padamkan Api

AWAS: Salah seorang siswa MPLS mencoba memadamkan api secara tradisional tanpa alat pemadaman. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Satu unit mobil pemadam kebakaran dari Mako Damkar Cianjur meluncur ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cilaku, Jumat (19/7). Tak pelak, raungan sirine dari mobil damkar tersebut membelah lalu lintas, hingga sampai ke gerbang sekolah.

Mendengar sirine mobil damkar, ratusan siswa langsung berlarian ke tengah lapangan. Namun kedatangan mobil damkar itu bukan lantaran ada kebakaran di sekolah tersebut.

Melainkan untuk memberikan sosialisasi mengenai pencegahan kebakaran kepada siswa baru di sekolah tersebut. Diharapkan, dengan sosialisasi pencegahan kebakaran itu, para siswa bisa memahami seputar penanganan kebakaran.

Tim Damkar Cianjur terdiri dari Kasi Pencegahan Kebakaran Damkar Cianjur Sanusi Tirta Kusuma, Kanit Pos IV Aten Suarsa, Operator Fire Truck Micky Arrysona dan Assisten Mako Damkar Cianjur Nurjanah.

“Kami tim dari Damkar Cianjur memaparkan kepada 381 siswa siswi baru SMKN 1 Cilaku tentang pencegahan kebakaran. Materi tersebut kami sampaikan sebagai bentuk sosialisasi dini kepada para siswa dalam upaya memperkecil atau meminimalisir tingkat bahaya kebakaran di lingkungan rumah,” ujar Micky Arrysona sekaligus pemberi materi.

Bukan hanya pemberian materi dan teori saja. Damkar Cianjur juga memberikan pelatihan secara langsung mengenai penanganan pertama kebakaran dengan menggunakan alat sederhana, seperti karung.

Sejumlah siswa pun tak ragu-ragu mengajukan diri untuk mempraktikkan cara memadamkan api yang dinyalakan di sebuah tong. Alat yang digunakan hanya mengandalkan karung yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air.

Micky berharap, para siswa bisa memahami sekaligus menerapkan materi dan sosialisasi tersebut di lingkungan masing-masing. “Apa yang kami berikan selama sosialisasi, semoga bisa diterapkan oleh semua siswa siswi disini dan disampaikan mengenai penanganan kebakaran kepada lingkungan sekitar,” katanya.

(kim)