Cianjur Ngawangun Lembur Libatkan Karang Taruna

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Pentingnya peran serta pemuda di kalangan masyarakat khususnya pemerintah desa, merupakan salah satu ujung tombak dari berbagai kegiatan serta pengembangan pemberdayaan di masing-masing wilayah.

Adanya karang taruna yang aktif serta kreatif, menjadi hal bagi generasi muda untuk membangun sebuah desa yang bersinergi dalam segala bidang. Tentu, ini sangat sejalan dengan program pemerintah daerahnya, yakni Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) yang telah bergulir sejak beberapa tahun lamanya.

Sekretaris Desa Sindanglaya, Iyan Ardiansyah mengatakan, bahwa pemuda karang tarung adalah motor penggerak terbaik kegiatan sosial kemasyarakatan. Guna hal tersebut, dilaksanakanlah rapat antara karang taruna bersama pemerintah desa, belum lama ini.

“Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan yang tumbuh atas dasar kesadaran, dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat khususnya generasi muda. Mereka (Karang Taruna, red) bergerak di bidang kesejahteraan sosial kemasyarakatan,” paparnya.

Selain itu, menurut pria berkacamata ini, adanya generasi muda seperti karang taruna ini juga sangat terbantu. Apalagi jika ada berbagai kegiatan di lingkungan pemerintah desa.

“Kami sangat mengapresiasi sekali adanya karang taruna di Desa Sindanglaya. Karena selama ini, Alhamdulillah selalu bersinergi dan mendukung program pemerintah desanya,” kata Iyan.

Dengan begitu, khususnya program CNL ini, pemerintah desa akan melibatkan karang taruna dalam beberapa teknis pelaksanaannya nanti. Sehingga tidak semua teknis di lapangan mesti dilakukan oleh Pemdes, tetapi generasi muda pun bisa bersama-sama melihat dan melaksanakan langsung program tersebut.

“Ini menjadi bagian daripada transparansi pemerintah. Biar peran pemuda ini juga bisa sama-sama mengawasi,” ujarnya.

Senada dikatakan Ketua Karang Taruna Desa Sindanglaya, Hadi Sapaat, bahwa pihak karang taruna merasa lebih diakui dan dihargai oleh pemerintah. Kendati tidak semua program yang ada ikut dilibatkan, tetapi hal ini menjadi salah satu motivasi kedepan bagi para pemuda.

“Setidaknya kami itu diakui. Bisa aktif dan sama-sama membangun desa kita sendiri,” ucap Hadi.

Menurutnya, Karang Taruna juga akan berkiprah dalam pengabdian sosial masyarakat di bidang lain, serta bersinergi dengan unsur masyarakat di dalamnya.

“Kami akan bersinergi dalam pengelolaan kegiatan CNL nanti, dan berkoordinasi dengan unsur lain, selain menjalankan fungsi sosial kami di masyarakat,” tukasnya.

(dan)