Guru Harus Jadi Pengikat Persatuan

Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum saat menghadiri salah satu acara di Kabupaten Cianjur.

RADARCIANJUR.com– Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum berharap bahwa guru harus mampu menjadi pengikat persatuan masyarakat.

Pasalnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang paling banyak menyebar dan banyak adalah berasal dari kalangan guru dan jika diperhatikan kedekatan emosional antara guru dengan masyarkat sangat baik.

“Guru juga harus bisa menjadi peredam, agar masyarakat damai dan tenang. Jika adanya gesekan maupun kesalahpahaman antara masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan untuk loyalitas guru, khususnya yang ada di Jawa Barat, menurutnya masih perlu ditingkatkan lagi. Maka dari itu, pihaknya kedepan akan melakukan perekrutan khusus kembali bagi ASN.

“Tujuan dari perekrutan khusus tersebut untuk mengetahui yang mana nantinya akan bertanggung jawab sebagai negarawan,” paparnya.

Jangan sampai lanjut dia, mereka berstatus ASN tetapi tidak mencerminkan sebagai abdi negara yang baik. Apalagi jika guru terjerumus pada tindakan kriminal seperti korupsi.

“Saya sangat prihatin jika di lingkungan pendidikan adanya kasus tindak kriminal seperti halnya korupsi,” ujarnya.

Kasus korupsi yang terjadi didalam dunia pendidikan, lanjutnya, bisa dicegah. Salah satunya adalah dengan melakukan pengawasan yang ketat di tiap sekolah.

“Agar tercegahnya tindakan korupsi, kedepan kami akan adakan tim khusus, untuk melakukan pemantauan ke setiap sekolah,” pungkasnya.

(riz)