Penetapan Kursi dan Caleg Terpilih DPRD Cianjur Periode 2019-2024, Ada 28 Wajah Baru

PLENO: Komisioner KPU Cianjur pimpin rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Cianjur periode 2019-2024 di hotel Delaga Biru, Pacet, Minggu (21/7).. Foto: Dadan/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur menggelar rapat pleno terbuka dalam penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur periode 2019-2024 di hotel Delaga Biru, Pacet, Minggu (21/7).

Rapat pleno kali ini dihadiri Ketua KPU Cianjur, Hilman Wahyudi dan seluruh komisioner KPU Cianjur. Selain itu, hadir Ketua Bawaslu Cianjur, Usep Agus Jawari, unsur Muspida, serta perwakilan dari masing-masing partai politik peserta Pemilu.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, bakal ada wajah-wajah baru yang akan menghuni gedung DPRD Kabupaten Cianjur, di Jalan KH Abdulan bin Nuh, menggeser sejumlah muka-muka. Selain itu, para wakil rakyat itu banyak berasal dari Partai Gerindra.

Partai besuran Prabowo Subianto itu berhasil menjadi parpol yang paling banyak menempatkan kadernya di kursi perlemen dengan 11 kursi. Disusul partai Golkar, dan Nasional Demokrat (Nasdem).

“Ada sembilan parpol yang memperoleh kursi DPRD Kabupaten Cianjur. Jumlah secara akumulatif itu diraih oleh Gerindra 11 kursi, Golkar delapan kursi, Nasdem enam kursi, serta partai politik lainnya dengan lima kursi,” jelas Hilman.

Jumlah keseluruhan yang telah ditetapkan KPU yakni sebanyak 50 kursi yang ada di Pemilu legislatif Cianjur. Dari 50 kursi tersebut terdiri dari daerah pemilihan (Dapil) I sebanyak sembilan kursi, Dapil II sebanyak 11 kursi, Dapil III sebanyak 11 kursi, Dapil IV sebanyak sembilan kursi, dan Dapil V sebanyak 10 kursi.

“Rata-rata calon anggota dewan yang masuk itu dari partai Gerindra. Partai tersebut di setiap dapil ada,” lanjut Hilman.

Hilman menjelaskan, selain dari partai politik, nama-nama calon anggota dewan yang masuk dan telah ditetapkan serta suara paling banyak diantara dapil di Kabupaten Cianjur yakni, Deden Nasihin dari partai Golkar dengan dukungan sebanyak 14.009 suara dari dapil V. Disusul oleh Andri Suryadinata, yang mendapat dukungan sebanyak 11.330 suara sah dari Dapil III.

“Nama-nama lain seperti Asep Iwan Gusniardi dari Golkar pun luput dari nilai suara sah yang cukup besar, yakni sebanyak 9.788. Ditambah Igun Hendra Gunawan dari partai yang sama yakni sebanyak 9.018 suara sah,” tuturnya.

Selain itu, Hilman mengaku sangat bersyukur dalam rapat pleno kali ini tidak ada hal yang bisa menimbulkan konflik. Baik dari pihak Bawaslu, maupun partai politik lainnya yang ikut hadir.

“Alhamdulillah semua rapat pleno penetapan kali ini lancar, dan sesuai apa yang diharapkan. Semoga saja penetapan ini menjadi acuan yang lebih baik. Diharapkan semua anggota dewan terpilih bisa melaksanakan tugas serta visi misi masing-masing,” tutupnya.

Wajah Baru
1. Drs. H Jumati M Pd (Golkar)
2. Imronah S.Pdi (PKS)
3. Alo Hidayatulloh (PAN)
4. Yoga Nata Nusya (PAN)
5. H Asni Aprianti (Nasdem)
6. Prasetyo Harsanto MM (Gerindra)
7. Drs. H Gugun Gunawan (Gerindra)
8. Muhamad Abdul Azis Saepudin (Nasdem)
9. Asep Deni Mulyadi (Gerindra)
10. Yunus Sadar (Gerindra)
11. Hj. Esih Sukaesih (Nasdem)
12. Drs.H Aceng Romdon (PPP)
13. Fuad Faisal SE (PKB)
14. H Odo Suparjo (Gerindra)
15. Erwan Herwandi (PDI P)
16. Hj. Teti Sri Hayati (Nasdem)
17. Asep Riyatman (PKS)
18. Geugeu Tintin Maryani (Demokrat)
19. Diki Ismail (Gerindra)
20. Abdul Karim (Gerindra)
21. Igun Hendra Gunawan (Golkar)
22. Rustam Effendi (Nasdem)
23. Jevernando (Demokrat)
24. Ganjar Ramadhan (Gerindra)
25. Hj. Sinta Dewi Yuniarti (PKS)
26. Asep Iwan Gusniardi (Golkar)
27. Asep Setiawan SH (Demokrat)
28. Usep Saefuloh Zein (Golkar)

(dan)