Underpass Kentungan Yogyakarta Ambles, Mobil WNA Terperosok

atau Ringroad Utara Sleman ambles usai truk bermuatan kayu bernopol H 1472 UI melintas, Selasa (23/7).

RADARCIANJUR.com – Pembangunan jalan untuk underpass Kentungan, Desa Condhongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
ambles saat truk bermuatan kayu bernopol H 1472 UI berada di atasnya, Selasa (23/7). Amblesan mencapai satu meter dengan panjang kurang lebih 15 meter.

Peristiwa yang terjadi di sisi barat Ring Road Utara itu juga membuat satu unit mobil Land Cruiser yang dikendarai warga Australia ikut terperosok. Beruntung, pengemudi dan penumpang mobil segera turun dibantu warga sehingga mereka tidak ikut terperosok.

Kejadian yang terekam dalam CCTV itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Rekaman menunjukkan jalan di sisi barat sisi utara menuju ke timur sisi utara padat kendaraan bermotor karena di area itu terdapat lampu APILL. Truk bermuatan kayu yang berada di belakang Land Cruiser tiba-tiba membuat jalan yang sudah dipondasi ambles. “Penyebab kecelakaan masih penyelidikan, karena kecelakaan itu bisa banyak faktornya,” kata AKP Faisal Pratama, Kasat Lantas Polres Sleman, Selasa (23/7).

Faisal menyebutkan Land Cruiser berpelat luar negeri nomor TDI – 110 berisi empat warga Australia yang terdiri dari suami, istri, dan dua anaknya. Si pengemudi bernama Rule Michael John mengalami trauma akibat benturan.

Sementara, truk bermuatan kayu dikendarai Ahmad Mujahidin. Akibat peristiwa itu, truk dan mobil mengalami rusak pada sisi samping kanan. “Kami masih melihat apakah penyebab kecelakaan karena muatan berlebih atau tidak, karena truk juga berukuran kecil,” kata Faisal. Ia berpendapat sebenarnya kategori proyek ini bisa dilewati bus ringan, seperti Trans Jogja.

Proyek pembangunan underpass Ring Road Utara Sleman mulai berjalan pada awal tahun ini. Diperkirakan pengerjaan proyek tersebut menghabiskan waktu setahun.

(lip)