Cegah Hal Negatif, Ponpes Zen Amanah Larang Santri Bawa Gawai

KHIDMAT: Sejumlah santri Pondok Pesantren Zen Amanah tengah belajar mengaji bersama.

RADARCIANJUR.com – Upaya mencegah hal negatif yang dilakukan anak, terlebih pengaruh negatif atas perkembangan zaman. Karena tidak dipungkiri banyaknya alat canggih terciptakan. Seperti halnya pengaruh negatif dari gawai (handphone, red). Sehingga membuat kekhawatiran tersendiri bagi sejumlah lembaga pendidikan. Salah satunya Pondok Pesantren (Ponpes) Zen Amanah.

Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Zen Amanah, Sen Ali mengatakan, dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dengan alat teknologi. Tentunya akan semakin banyak pengaruh negatif yang akan dibawanya.

“Canggihnya alat teknologi maka akan semakin banyak pengaruh yang negatif dan tentunya hal tersebut akan berdampak pada anak, kendati disisi lain ada hal positif atau bermanfaat,” katanya.

Seperti adanya alat teknologi canggih seperti gawai bukan bagus untuk perkembangan otak anak melainkan akan berdampak buruk. “Anak nantinya akan banyak melamun pada saat belajar dan tidak akan fokus terhadap pelajaran dikelas,” ungkapnya.

Untuk mencegah hal tersebut, pihaknya membuat aturan tegas, dimana aturan tersebut yakni membatasi santrinya saat menggunakan gawai.

“Kami melarang pada semua santri si sini, agar tidak membawa maupun memakai gawai. Mereka hanya bisa menggunakan gawai pada hari Sabtu dan Minggu saja,” ujarnya.

(riz)