Hiswana Santuni Korban Ledakan Elpiji di Palasari

SOSIAL: Hiswana migas Cianjur memberikan bantuan kepada keluarga korban ledakan elpiji waktu lalu. FOTO:DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Pasca kejadian tabung gas elpiji tiga kilogram meledak di rumah Ukat (57) di Kampung Padarincang Kuda RT 05 RW 06, Desa Palasari, Kecamatan Cipanas Rabu lalu, Hiswana Migas Cianjur bergegas meninjau langsung ke lokasi kejadian, sekaligus memberikan bantuan moril maupun materil kepada para korban dan keluarga, Jumat (26/7) kemarin.

Wakil ketua Hiswana Migas DPC Cianjur, Dudu Badrujaman mengatakan, dalam peristiwa yang menimpa keluarga Bapak Ukat waktu lalu, atas nama Hiswana migas Cianjur sangat prihatin.

Kejadian ledakan gas tersebut memang bukan kehendak kita semua. Hanya saja dari pihak Hiswana sedikit besarnya akan mendoakan kepada para korban dan keluarga, agar diberikan ketabahan dan bantuan yang disampaikan dari Hiswana bisa meringankan beban korban.

“Walaupun bantuan yang kami berikan belum begitu besar, tetapi semoga para korban dan keluarga bisa sedikit terbantu,” kata orang nomor dua di Hiswana Cianjur.

Menurut Haji Dudu, kejadian tersebut seharusnya sangat tidak diharapkan. Namun jika diketahui kronologis yang terjadi, bahwa tabung gas yang bocor itu semestinya tidak dibawa ke satu ruangan, apalagi jika di rumah itu terdapat tungku api yang aktif.

“Karena sifat dari kebocoran gas itu sebetulnya ke bawah, bukan ke atas. Apalagi jika di satu ruangan terdapat bahan yang mudah menyambar bahan baku gas, kemungkinan meledak akan bisa terjadi,” jelasnya.

Dudu sangat mengimbau kepada seluruh warga yang menggunakan tabung gas, agar bisa lebih berhati-hati dalam memakainya. Terlebih jika di suatu rumah terdapat semacam tungku api yang selalu digunakan. Sehingga diharapkan bisa dijauhkan saja.

“Kita perlu sama-sama mendapatkan pengetahuan cara penggunaan gas yang aman dan baik, kedepannya mungkin kami akan terus memberikan semacam sosialisasi juga dalam penggunaan gas yang baik, jika perlu,” ujarnya.

Dudu menambahkan, Hiswana Migas Cianjur juga mengharapkan, adanya kepedulian dari para pengusaha lain yang berkaitan dengan tabung gas. Sehingga bisa sama-sama meringankan beban korban yang tertimpa musibah semacam ini.

“Mudah-mudahan saja dari pengusaha lainnya bisa memberikan santunan kepada keluarga korban, untuk biaya pengobatan maupun biaya pasca perawatan nanti,” pungkasnya.

(dan)