Ratusan Kepala Sekolah di Tiga Kecamatan Dilatih Pengelolaan Dana BOS

ANTUSIAS: Ratusan kepala sekolah saat mengikuti pembinaan peningkatan pengelolaan dana BOS.

RADARCIANJUR.com – Peningkatan bimbingan dan pembinaan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diselenggarkan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dilingkungan koordinator pendidikan (KORDIK) wilayah Kecamatan Haurwangi, Bojongpicung, dan Ciranjang berjalan dengan lancar.

Acara yang dihelat di Gedung Guru Haurwangi (GGH) pada Jumat (26/07) kemarin itu, melibatkan seluruh kepala sekolah di tiga kecamatan tersebut, serta dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Mangament dana BOS, Kasubag Keuangan Disdikbud dan Kordik.

Kegiatan itu ditujukan untuk membahas tata kelola dana BOS dan mensosialisikan ‘Aplikasi dana BOS Non Tunai’ menyesuaikan putusan Permendikbud no 3/2019 tentang tata kelola dana BOS dan Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara (PKAKN) supaya tepat guna, yang disampaikan langsung oleh narasumber Kasubag Keuangan Disdikbud Kabupaten Cianjur Ia Mugiana.

Kepala Sekolah Karangsari Kecamatan Haurwangi Sutarko memaparkan, salah satu tujuan kegiatan ini, yakni untuk pendampingan dan pembinaan, sehingga akan membantu dan mempercepat para kepala sekolah terkait tatakelola SPJ dana BOS pada triwulan pertama dan dua serta selanjutnya dapat di cairkan di triwulan tiga.

Selain itu, pengajuan administratif pun harus diselesaikan sesuai jadwal sebelum pencairan.

“Tentunya pendampingan dan Pembinaan SPJ BOS Tahun 2019 oleh tim manajemen dana BOS Disdikbud ini, umumnya para kepala sekolah merasa terbantu. Karena hal ini untuk peningkatan pengetahuan dan pemahaman juklak dan juknis tentang penatakelolaan dana BOS serta mempermudah aksesment dan dimplementasikan dilembaga pendidikan masing-masing,” pungkasnya.

(hry)