Hadapi Arema, Persib Dalam Kondisi Pincang

RADARCIANJUR.com – Persib Bandung akan menjalani laga tandang kontra Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (30/7). Maung tengah dalam kondisi pincang saat ini. Maung Bandung dipastikan tampil tanpa Ezechiel N’Douassel dan Bojan Malisic, yang dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning.

Selain Ezechiel dan Bojan, Persib juga terancam tak diperkuat I Made Wirawan. Kiper berusia 38 tahun itu mengalami cedera lutut saat Persib kalah dua gol tanpa balas dari Bali United pada pertandingan sebelumnya.

Akibat cedera tersebut, Made tidak bisa melanjutkan pertandingan. Posisinya kemudian digantikan oleh Muhammad Aqil Savik pada awal babak kedua pertandingan yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (26/7) itu. Dalam situasi tersebut, Persib kemungkinan akan mengubah skema dan komposisi pemain yang diturunkan saat menghadapi Arema.

Persib akan meninggalkan skema 5-4-1, yang digunakan saat menghadapi PSIS Semarang dan Bali United. Melawan Arema, Persib diprediksi akan kembali bermain dengan skema dasar 4-3-3. Untuk komposisi pemain yang diturunkan, Robert, tampaknya akan memercayakan Muhammad Aqil Savik sebagai penjaga gawang utama.

Bila kondisi Made sudah bagus, tidak menutup kemungkinan posisi penjaga gawang utama akan dipercayakan kepada Made. Sementara di pos bek tengah, Achmad Jufriyanto tampaknya akan diduetkan dengan Saepuloh Maulana. Sebab selain Bojan, Persib juga kehilangan Indra Mustafa yang sedang memperkuat Timnas Indonesia U-19.

Tapi, Robert bisa saja menempatkan Supardi Nasir sebagai tandem untuk Jupe, sapaan akrab Achmad Jufriyanto. Dalam dua pertandingan terakhir, ketika Persib menggunakan formasi dasar 5-4-1, Supardi yang biasa beroperasi di pos fullback kanan, ditarik untuk memainkan peran sebagai stopper. Sementara posisi yang ditinggalkan Supardi diisi oleh Henhen Herdiana.

Minimnya potensi perubahan komposisi pemain ada di sektor fullback kiri. Di pos tersebut, Ardi Idrus kemungkinan besar masih akan terus dipercaya untuk meredam serangan lawan dari sektor sayap. Di lini tengah, Persib sudah bisa kembali diperkuat Hariono, yang pada laga sebelumnya absen karena akumulasi.

Kembalinya Hariono akan membuat lini tengah Persib lebih tangguh untuk menghentikan serangan Arema dari lini kedua. Hariono akan bermain bersama Kim Jeffrey Kurniawan yang akan berperan sebagai gelandang box to box. Rene Mihelic akan difokuskan menjadi gelandang serang. Di sektor depan, absennya Ezechiel, membuat Robert harus putar otak untuk menyusun komposisi terbaik.

Persib tidak punya banyak opsi untuk menutup lubang yang ditinggalkan Ezechiel di posisi penyerang utama. Persib kemungkinan akan mengandalkan Esteban Vizcarra yang akan dipasang sebagai false nine. Posisi Vizcarra di winger kiri akan diisi Ghozali Siregar dan winger kanan, Febri Hariyadi masih akan diandalkan Maung Bandung. Kondisi yang dialami Persib, sejatinya tak jauh berbeda dengan Arema.

Klub berjulukan Singo Edan itu juga terancam tak diperkuat dua pemain inti, Johan Alfarizi dan Dedik Setiawan, karena cedera. Kendati demikian, Arema diprediksi tetap tampil dengan formasi andalannya, 4-3-3, saat berhadapan dengan Persib. Di posisi kiper Utam Rusdiana akan dipercaya Pelatih Arema, Milomir Seslija, mengawal gawang Singo Edan. Utam akan dilindungi dua bek tengah, Hamka Hamzah dan Arthur Cunha da Roca.

Sementara di posisi fullback kiri, absennya Alfarizi akan digantikan oleh Rahmat Latief. Rahmat akan bermain berdampingan dengan Agil Munawar yang akan bermain sebagai fullback kanan. Di tengah, trio gelandang Makan Konate, Jayus Hariono, dan Hendro Siswanto tampaknya masih akan dipercaya Milo. Di lini depan, absennya Dedik akan membuat Ricky Kayame bermain sebagai penyerang kanan. Ricky akan berpasangan dengan Dendi Santoso di posisi penyerang kanan. Sementara Sylvano Comvalius akan bermain sebagai penyerang tengah. (kom)