Jelang HUT RI, FKPPI Bersih-bersih TMP Cipanas

SOSIAL: Jelang HUT RI mendatang, anggota FKPPI bersih-bersih TMP. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74, Taman Makam Pahlawan (TMP) Cipanas yang berlokasi di dekat Istana Cipanas dibersihkan sejumlah Forum Komunikasi Putra Putri TNI-POLRI (FKPPI), Senin (29/7) kemarin.

Ketua FKPPI Rayon Pacet, Heri mengatakan, kegiatan bersih-bersih serta pengecetan sejumlah makam pahlawan ini merupakan bentuk darma bhakti para putra putri purnawirawan TNI/Polri yang ada di wilayah Kecamatan Pacet dan Cipanas.

“Hal ini dalam rangka menghargai dan menghormati para pahlawan yang telah gugur pada saat kemerdekaan dahulu. Makanya kami melaksanakan giat bersih-bersih ini,” kata Heri.

Lebih lanjut Heri mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh FKPPI Rayon Pacet dan Cipanas setiap tahunnya. Dengan harapan bahwa kegiatan seperti ini dapat meningkatkan rasa bangga dan hormat kepada hasil perjuangan para pahlawan kemerdekaan RI.

“Sudah seharusnya kita menghargai jasa-jasa para pejuang terdahulu,” ujarnya.

Menurut Heri, para pejuang yang dimakamkan di TMP Cipanas ini merupakan pahlawan yang sudah berjasa demi kemerdekaan Indonesia. Mereka dengan gagah berani sudah melawan para penjajah Belanda juga Jepang.

“Mereka sudah melakukan aksi heroik dalam mengusir kolonial Belanda dan Jepang. Jadi sepatutnya kita bisa menghargai jasa pejuang, dengan mengisi kemerdekaan melalui hal-hal positif,”tuturnya.

Dijelaskannya, Taman Makam Pahlawan Cipanas ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Cianjur. Sehingga keberadaannya harus bisa mengedukasi masyarakat luas untuk mengenal sejarah perjuangan rakyat Cianjur melawan para penjajah.

“Pelajar serta masyarakat Cipanas dan Cianjur harus mengetahui perjuangan para pahlawan. Sehingga ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita bersama,” pungkasnya.
(dan)