Persib Bandung Kalah Telak di Kanjuruhan

Persib harus rela dijebol 5-1 oleh tuan rumah, dua gol awal serasa mudah karena terjadi begitu cepat di awal babak pertama.

RADARCIANJUR.com – Persib Bandung harus mengakui kekuatan Arema FC dalam laga tunda pekan ke-4 Liga 1, Selasa (30/7) malam di Kanjuruhan.

Persib harus rela dijebol 5-1 oleh tuan rumah, dua gol awal serasa mudah karena terjadi begitu cepat di awal babak pertama.

Kondisi Persib benar-benar rapuh, baru 4 menit jalannya pertandingan mereka bobol oleh sundulan Dendi Santoso menyambar umpan Silvano Comvalius di sayap kiri pertahanan.

Semenit berselang, gawang Persib yang dikawal Aqil Savik malam itu lagi bobol oleh shooting mendatar Makan Konate ke tiang jauh. Skor 2-0 dalam lima menit babak pertama.

Persib mencoba mendelay permainan usai dua gol bersarang, namun Arema FC selalu punya cara menembus kotak penalti Maung Bandung yang tampil tanpa Bojan Malisic.

Tim kebanggaan Bobotoh baru bisa mengancam menit 34 lewat tendangan Esteban Vizcarra yang masih mengenai barisan bertahan Arema. Alih-alih memperkecil kedudukan Aqil harus memungut bola dari jala gawangnya untuk ketiga kali.

Berawal dari tendangan bebas Konate, Arthur Cunha melakukan free header tanpa kawalan ke gawang Persib saat Aqil ragu mengambil bola udara, mengubah kedudukan menit 39 menjadi 3-0. Arema bisa saja menggenapkan skor di babak pertama andai kesempatan satu lawan satu Jayus Hariono tak digagalkan Aqil.

Paruh kedua dimulai Persib mengambil inisiatif serangan. Sisi kiri Arema FC banyak menjadi sasaran untuk diacak-acak Febri Hariyadi. Febri melepas tendangan terukur menit 52 yang masih ditangkis penjaga gawang Kartika Ajie.

Menit 55 Robert Rene Albert menarik kelua Artur Gevorkyan yang tak berkontribusi oleh seorang gelandang Abdul Aziz. Persib terus tampil menekan, mereka mendominasi serangan walau kerap deadlock di kotak penalti.

Winger cepat lainnya dimasukkan Robert, Erwin Ramdani mengganti Ghozali Siregar menit 65. Belum lima menit bermain perjuang Erwin dkk. semakin berat, pasalnya gawang Persib kembali jebol.

Adalah serangan balik yang membumihanguskan pertahanan Persib. Aktor utama Makan Konate secara brilian mendribling bola usai menerima umpan jauh dari Comvalius. Masuk kotak penalti mantan Persib ini beri operan manja untuk Rifaldi Bawuo yang tinggal dicocor ke gawang Persib keempat kalinya.

Tak sampai disitu Bawuo lakukan brace atas golnya di menit 89 memanfaatkan crossing Arthur Cunha yang merangsek masuk ke kotak penalti Persib, 5-0. Maung Bandung mendapat gol hiburan atas placing Febri menjelang wasit menyudahi penderitaan Persib dengan skor akhir 5-1.

(simamaung/dep)