Semalam di Cianjur Berbalut Sejarah dan Budaya

PENGARGAAN: Plt Bupati Cianjur Herman Suherman memberi Penghargaan kepada mantan Sekda Cianjur Maskana. Foto:Fadilah Munajat/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sejumlah tokoh pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur hadir dan ikut makan malam bersama di halaman Pendopo Pemkab cianjur, Sabtu (27/7) malam.

Acara menjadi lebih meriah saat kedua penyanyi legendaris asli Cianjur yaitu Ratih Purwasih asal Cibeber dan Endang S Taurina mengajak semua hadirin ikut bernyanyi.

Selain itu pada acara tersebut juga dihadirkan cuplikan sejarah lahirnya Cianjur dan tampilan ngaos, mamaos, dan maenpo.

Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda menjelaskan, kegiatan semalam di Cianjur bertajuk Tepung Lawung di Bumi Sugih Mukti ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Cianjur ke-432 dan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-74.

“Tajuknya Tepung Lawung di Bumi Sugih Mukti dengan mengundang pejabat dan mantan pejabat serta Forkopimda Kabupaten Cianjur. Semacam mengisi malam mingguan,” ujar Gagan.

Menurut Gagan, kegiatan yang melibatkan pejabat dan mantan pejabat ini baru pertama kali digelar. Apalagi konsepnya dilakukan secara outdoor di halaman Pendopo Kabupaten Cianjur.

“Kegiatan ini bisa menjadi tradisi setiap tahun untuk mempererat silaturahmi dan komunikasi pejabat dan mantan pejabat,” kata dia.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, menyampaikan bahwa silaturahmi seperti ini harus sering dilakukan untuk menjalin komunikasi.

Menurutnya, kegiatan yang merupakan satu rangkaian dengan peringatan HJC ke-432 dan HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini menjadi spirit untuk pembangunan.

“Tujuan intinya untuk membangun Cianjur lebih maju dan agamis,” kata Herman.

Herman juga menyampaikan apresiasi dengan hadirnya para pejabat dan mantan pejabat ini.

“Bahkan, para mantan pejabat yang tak hadir pun menyampaikan ucapan serta memberikan alasan ketidakhadiran mereka,” ujar Herman.

Herman menegaskan komitmen pemerintah untuk menegakkan tiga pilar budaya yang menjadi pedoman warga Kabupaten Cianjur.

“Komitmen kita membangun Cianjur dengan berpedoman pada tiga pilar, yakni Ngaos, Mamaos, dan Maenpo,” pungkasnya.(dil)