Ada Koboi Jual Hewan Kurban di Cianjur

BERI PAKAN: Galery Qurban menghadirkan tema yang unik dan berbeda dari penjual hewan kurban pada umumnya. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com -Unik dan berbeda dari penjual kurban pada umumnya. Gapura Qurban salah satu tempat penjualan hewan kurban yang beralamat di Jalan Ir H Djuanda Kampung Warung Seuseupan, Sukamanah Kecamatan Cugenang ini memberikan nuansa layaknya zaman Old West.

Penataan atau dekorasi tempat yang serba seperti zaman koboi menjadi suatu yang sudah dikenal oleh kebanyakan masyarakat. Seakan sudah melekat pada tempat tersebut, Gapura Qurban hanya sedikit merubah dekorasi saja.

Bukan hanya tempat, tampilan para penjaga serta karyawan yang ada pun berpenampilan ala koboi lengkap dari mulai topi hingga sepatu. Bukan sekedar tempat pembelian hewan kurban tentunya. tempat ini juga memberikan edukasi mengenai keutaman dalam berkurban seperti dijelaskan dalam al quran.

“Kita ketika konsumen datang ingin membeli hewan kurban, terlebih dahulu sedikit kita jelaskan makna dari berkurban, sehingga masyarakat mengetahui sejarah yang tertuang dalam al quran,” ujar Costumer Service Gapura Qurban, Faizal Kurnianto.

Selain itu, masyarakat yang datang pun tidak selalu harus membeli hewan kurban. Namun disini bisa menjadi ajang edukasi mengenai perawatan hewan kurban dan cara merawatnya. Beberapa anak-anak dari Paud serta Taman Kanak-Kanak (TK) pernah menyambangi untuk belajar merawat hewan kurban.

“Kemarin banyak yang datang dari TK dan paud, bahkan berebut untuk ikut serta memandikan domba,” paparnya.

Tidak hanya memperhatikan tata letak dekorasi, namun hewan kurban pun memiliki mutu kualitas yang jadi poin utama. Tak tanggung-tanggung. Hewan kurban yang dijual berasal dari Jawa Tengah. Pasalnya, hewan kurban dari Jawa Tengah memiliki kualitas yang sesuai.

Hewan kurban yang diperjualkan yakni Sapi dan Domba. Sapi berjumlah 10 ekor sementara Domba 202 ekor. Berbeda dengan Domba, Sapi yang dijual memiliki berbagai jenis yakni Sapi peranakan Ongol, Sapi Mental, Sapi Baby Limosin dan Sapi Madura.

Ada kelas tertentu dari hewan-hewan kurban ini, dari mulai kelas A, B, C, D, Super dan Istimewa. Tentu harganya pun berbeda. Tapi untuk soal harga, masyarakat bisa memberikan uang muka sebagai tanda jadi. Sementara pembayarannya bisa untuk dicicil.

“Disini bisa juga dicicil untuk pembayarannya, jadi tidak memberatkan konsumen. Bahkan biaya perawatan serta kesehatan hewan kita berikan gratis,” ungkapnya.

Sementara untuk ongkos pengirimannya pun sama, tak dikenakan sama sekali. Namun itu khusus untuk wilayah Cianjur Kota dan Cipanas.

(kim)