Rute KA Siliwangi Resmi Beroperasi Hingga Ciranjang

TIBA DI STASIUN: KA Siliwangi yang sebelumnya melakukan rute Cianjur-Sukabumi, saat ini sudah melakukan perjalanan menuju Ciranjang. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Perjalanan Kereta Api (KA) Siliwangi diperpanjang sampai Stasiun Ciranjang. Setelah sekian lama masyarakat mendambakan moda transportasi yang bebas macet tersebut, kini semua bukan sekedar mimpi atau rencana.

KA Siliwangi itu sendiri resmi beroperasi, Selasa (30/7). Meskipun tidak dilakukan dengan acara seremonial, pengoprasian ini tentunya menjadi kabar gembira bagi masyarakat yang ada di wilayah Ciranjang.

“Selama ini, kereta api hanya sampai Stasiun Cianjur dari Sukabumi. Nah mulai tanggal 30 Juli ini, perjalanan keretanya diperpanjang sampai Stasiun Ciranjang,” ujar Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Noxy Citrea.

Selain menjadi transportasi yang lebih cepat dan tanpa macet, harga tiket yang ditawarkan pun tidak mahal. Untuk sekali perjalanan saja, masyarakat cukup membayar Rp3.000 dengan rute Ciranjang-Cianjur-Sukabumi.

Dengan kapasitas tempat duduk 472 seat dan kapasitas maksimal 600 orang. KA Siliwangi ini merupakan kereta kelas ekonomi lokal PSO yang membawa empat kereta penumpang (gerbong) dan satu kereta makan.

Jarak yang ditempuh dari Sukabumi–Cianjur–Ciranjang yakni 50,905 kilometer. Sementara dari Cianjur menuju Ciranjang berjarak 12,304 kilometer.

“Waktu tempuh dari Cianjur menuju Ciranjang sekitar 28 menit dan dari Ciranjang menuju Sukabumi sekitar 3 jam yang tentunya bisa lebih cepat dan terhindar dari macet,” paparnya.

Sementara untuk perjalanan, terdapat tiga kali perjalanan KA Siliwangi dari Ciranjang–Cianjur–Sukabumi dari pagi hingga malam hari.

Noxy berharap dengan diaktifkannya kembali jalur ini akan semakin memudahkan mobilisasi masyarakat di wilayah Cianjur sehingga Kabupaten Cianjur akan semakin maju.(kim)