Bendungan Cikondang Diperbaiki 2020

SIAP DIBANGUN: Bendungan irigasi Cikondang yang roboh karena bencana banjir akan dikaji serta pembangunan ulang. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Bendungan irigasi Cikondang di Kecamatan Cibeber saat ini mulai dibenahi. Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Cianjur bersama-sama dengan sejumlah elemen masyarakat dan kecamatan mulai membuat sodetan untuk aliran sungai dengan menumpuk bronjong.

Untuk pembangunan kembali bendungan, Pemkab Cianjur tidak bisa melakukan hal tersebut. Pasalnya, pembangunan sebelumnya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Sehingga kewenangan dan kebijakan ada di Pemprov Jabar.

Saat ini, Pemprov Jabar melalui Dinas Sumber Daya Air (Dissda) Provinsi Jawa Barat, tengah melakukan pengecekan serta evaluasi terkait bendungan Cikondang.

“Untuk saat ini baru ada pemenang lelang untuk perencanaannya, mudah-mudahan lancar,” ujar Kasi Irigasi Dissda Provinsi Jabar, Rudi ditemui di lokasi, Rabu (31/7).

Sebelumnya, bendungan irigasi Cikondang rusak parah. Hal tersebut mengakibatkan sembilan desa harus memanfaatkan air yang ada. Bahkan, air yang tersisa di aliran irigasi yang kering tersebut sudah bercampur dengan sampah.

Beberapa masyarakat pun mengharapkan adanya perbaikan dari pemerintah daerah maupun provinsi.

Saat ini, Dissda Provinsi Jabar sudah melakukan pengecekan bendungan dan melakukan evaluasi kerusakan yang terjadi. Nantinya, dari hasil evaluasi tersebut akan ada pengkajian ulang.

“Kita akan melakukan pengecekan besok (kemarin, red) dan melakukan evaluasi terkait kerusakan disana,” paparnya.

Sementara untuk pembangunannya fisik, Dissda Provinsi Jabar menginformasikan akan dilakukan pada tahun 2020 dan diharapkan bisa berjalan dengan lancar.

“Kita minta doa dan dukungannya dari masyarakat agar lancar dan tidak ada kendala. Pembangunan fisiknya nanti di tahun 2020, kan kita baru dapat pemenang lelangnya. Jadi harap bersabar,” katanya.

(kim)